Warga Net Protes Sindiran Menkominfo Soal #YangGajiKamuSiapa

Netizen merespon sindiran Rudiantara dengan meramaikan tagar #YangGajiKamuSiapa yang hingga Jumat siang (1/2) ini masih menjadi trending topik nomor 1 di Twitter. Tagar tersebut trending dengan lebih dari 82 ribu cuitan.
Denis Riantiza Meilanova | 01 Februari 2019 13:06 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Pernyataan sindiran Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara terhadap seorang aparatur sipil negara (ASN) mengundang protes dari warga net.

Netizen merespon sindiran Rudiantara dengan meramaikan tagar #YangGajiKamuSiapa yang hingga Jumat siang (1/2) ini masih menjadi trending topik nomor 1 di Twitter. Tagar tersebut trending dengan lebih dari 82 ribu cuitan.

Melalui cuitannya, warga net memprotes pernyataan Rudiantara yang mengatakan bahwa ASN di Kominfo digaji oleh pemerintah. Warga net menilai tak seharusnya Rudiantara melontarkan sindiran tersebut, sebab menurut netizen gaji ASN, termasuk gaji Rudiantara sebagai menteri, bersumber dari uang rakyat.

Berikut sejumlah kicauan netizen menurut pantauan Bisnis.com, Jumat (1/2/2019):

@AqidaJamal

@rudiantara_id Yang gaji pembantu presiden kayak bapak itu kami. #YangGajiKamuSiapa ?

‏@mustafa04101979

yang bayar gaji ASN kami rakyat Indonesia, bahkan kamu seorang mentri yang sombong pun kami rakyat Indonesia yang gaji kamu, kami bayar pajak buat kalian bs hidup #YangGajiKamuSiapa walaupun kamu makan ayam kami makan ikan teri

@bungfh

#YangGajiKamuSiapa yang gaji presiden, mentri juga rakyat pak @rudiantara

@winartomahameru

ASN aparat negara di angkat olh negara di gaji olh negara dr uang rakyat, menteri di gaji rakyat di angkat oleh rezim #YangGajiKamuSiapa

Pernyataan Rudiantara juga mengundang kritik dari sejumlah politikus. Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan turut menyindir ucapan Rudiantara melalui akun twitternya.

"Trending pagi ini #YangGajiKamuSiapa ternyata cocok dengan tanggal 1 februari. Awal bulan. Gajian.

Selamat menjalani hari. Kurangi arogansi. Apalagi sampai pertanyakan gaji. Oh iya, satu lagi.

Netralitas bukan untuk diuji," cuitnya melalui akun @hincapandjaitan.

Politisi PKS Mardani Ali Sera juga termasuk salah satu pihak yang menggunakan tagar #YangGajiKamuSiapa.

Dalam cuitannya di akun Twitter @MardaniAliSera, ia menulis "Di #JumatBerkah raihlah rezeki halal dan berkah, dari usaha dan profesionalisme kita. Tidak perlu ada ungkapan kotor dan menghardik #YangGajiKamuSiapa ?"

"Bos, hindari intimidasi di pegawai swasta maupun negeri. Apalagi pegawai negeri, krn terbesar gaji bersumber dari rakyat," ujarnya menambahkan.

Pernyataan Rudiantara soal gaji ASN ini sebelumnya terlontar saat acara Kominfo Next di Hall Basket Senayan, Jakarta, Kamis, 31 Januari. Rudiantara awalnya menanyai audiens, yang merupakan anak buahnya, ihwal stiker sosialisasi Pemilu 2019 yang akan ditempel di kompleks kementeriannya.

Pertanyaan voting Rudiantara soal preferensi desain stiker, apakah nomor satu atau nomor dua, itu sontak memancing sorak sorai pegawai Kominfo. Rudiantara kemudian menyampaikan bahwa voting itu tak terkait dengan pilpres 2019.

Setelah divoting, Rudiantara memutuskan desain yang dipilih ialah yang kedua. Namun, dia lantas memanggil seorang perempuan yang memilih desain nomor dua itu dan menanyai alasannya. Jawaban perempuan itu menjurus ke Pilpres 2019.

"Bismillahhirrahmanirrahim, mungkin terkait keyakinan saja Pak. Keyakinan atas visi misi yang disampaikan nomor dua, yakin saja," kata pegawai itu. Jawaban itu disambut sorakan riuh.

Rudiantara menukas, dia berujar pertanyaannya menyangkut desain stiker dan bukan pilpres 2019. Berikutnya, dia memanggil orang lain yang memilih desain pertama. Orang itu kemudian menjawab desain stiker pertama lebih cerah.

"Saya terima alasan yang nomor satu, tapi saya tidak bisa terima alasan nomor dua. Mohon maaf, ibu tidak bicara mengenai desain, terima kasih Bu, terima kasih," kata Rudiantara.

Rudiantara mempersilakan dua pegawai itu turun dari panggung. Namun saat mereka sedang berjalan, dia memanggil kembali pegawai yang memilih desain stiker nomor dua. "Bu, Bu, yang bayar gaji Ibu siapa sekarang? Pemerintah atau siapa?" tanya Rudiantara.

Pegawai itu pun menjawab. Rudiantara kemudian menimpali. "Bukan yang keyakinan Ibu? Ya sudah, makasih."

Tag : kominfo, Pilpres 2019
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top