Duka Cita Sepanjang 2018: Dari Dolores O'Riordan, Kate Spade, hingga Jamal Khashoggi

Kehilangan terbesar dalam hidup bukanlah kematian, melainkan adalah jiwa yang mati saat raga masih bernyawa. Begitulah kira-kira perkataan penulis kenamaan asal Amerika Serikat (AS), Norman Cousins, pada masa hidupnya.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 31 Desember 2018  |  13:51 WIB
Duka Cita Sepanjang 2018: Dari Dolores O'Riordan, Kate Spade, hingga Jamal Khashoggi
Vokalis band asal Irlandia Cranberries, Dolores O'Riordan. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Kehilangan terbesar dalam hidup bukanlah kematian, melainkan adalah jiwa yang mati saat raga masih bernyawa. Begitulah kira-kira perkataan penulis kenamaan asal Amerika Serikat (AS), Norman Cousins, pada masa hidupnya.

Sekalipun tidak mengetahui kapan saatnya, setiap makhluk hidup pasti akan melepaskan raga masing-masing untuk selamanya. Tetap saja, kematian sejumlah sosok sepanjang 2018 ini terbilang mengejutkan dan menjadi sorotan media.

Ada guru ilmu pengetahuan yang 'penglihatannya' mengenai kosmologi acapkali mengundang decak kagum para muridnya, ada sang “Ratu Musik Soul” yang digadang-gadang merupakan salah satu penyanyi terbesar abad ini, ada pula legenda komik yang jejaknya terlihat di mana-mana.

Kabar berpulangnya mereka karena dimakan usia atau penyakit berkepanjangan tetap mendatangkan duka cita mendalam. Mungkin ini karena nama besar, pencapaian, dan karakter sosok mereka yang tiada duanya.

Namun dunia juga punya alasan kesedihan untuk cerita yang lebih mencekam sepanjang 2018. Beberapa tokoh ternama tak dinyana justru memilih menjemput ajal oleh tangan mereka sendiri.

Sebagian penggemar fesyen bisa jadi hingga kini masih belum percaya bahwa desainer tas unik yang sukses, Kate Spade, telah bunuh diri. Hanya berselang tiga hari kemudian, giliran panggung kuliner yang terkaget-kaget ketika chef Anthony Bourdain juga dikabarkan bunuh diri.

Bermacam cara setiap manusia meninggalkan kefanaan dunia, rasanya tidak ada yang lebih mengundang kemarahan daripada dirampasnya hak hidup seseorang karena pihak lain.

Kasus dibunuhnya jurnalis asal Arab Saudi, Jamal Khashoggi, pada 2 Oktober lalu pantas jika menyulut tak hanya lara tetapi juga kecaman dunia internasional, belum lagi tewasnya ribuan orang karena tragedi kemanusiaan entah itu di Gaza atau pun Myanmar.

Kematian dua bocah imigran masih di bawah umur asal Guatemala di tahanan imigrasi Amerika Serikat (AS) pada Desember pun menjadi pamungkas kematian paling disorot tahun ini dari seluruh dunia. Berikut di antaranya:

Januari

- Vokalis band Irlandia Cranberries, Dolores O'Riordan, meninggal di usia 46 tahun pada 15 Januari. Setelah sempat simpang siur, kematian mendadak rocker wanita ternama ini diumumkan karena tenggelam di bak mandi dengan kadar alkohol tinggi dalam darahnya.

- Ingvar Kamprad, pendiri peritel ternama asal Swedia Ikea, meninggal di usia 91 tahun pada 27 Januari. Kamprad mendirikan Ikea saat masih berusia 17 tahun pada 1943 dan membangun perusahaan itu menjadi raksasa multinasional dengan 389 toko di seluruh dunia.

- Mantan bintang serial TV favorit Glee, Mark Salling, meninggal di usia 35 tahun. Penyebab kematian aktor yang terkenal dengan karakternya sebagai 'Puckerman' ini dilaporkan adalah sesak napas akibat gantung diri.

Februari

Salah satu pengkhotbah paling berpengaruh pada abad ke-20, Billy Graham Jr., meninggal di usia 99 pada 21 Februari.

Maret

- Ikon busana couture asal Prancis dan pendiri rumah mode Givenchy, Hubert de Givenchy, tutup usia di usia 91 tahun pada 10 Maret.

- Stephen Hawking, fisikawan dan pakar kosmologi terkenal asal Inggris, meninggal di usia 76 tahun pada tanggal 14 Maret. Ia adalah orang pertama yang menetapkan teori kosmologi sebagai penyatuan relativitas dan mekanika kuantum. Dia juga menemukan bahwa lubang hitam memboroskan energi dan memudar menjadi fenomena, suatu fenomena yang kemudian dikenal sebagai radiasi Hawking.

Sejak didiagnosis menderita penyakit neuron motorik langka di usia 22 tahun yang lambat laun membuatnya lumpuh, ia dapat berkomunikasi menggunakan otot pipi yang menempel pada synthesizer suara.

April

- Winnie Madikizela-Mandela, mantan istri Nelson Mandela dan salah satu tokoh perjuangan antiapartheid di Afrika Selatan, meninggal di usia 81 tahun pada 2 April.

- Barbara Bush, istri mantan Presiden Amerika Serikat George H.W. Bush sekaligus ibunda mantan Presiden AS George W. Bush, meninggal di usia 92 tahun pada 17 April setelah kondisi kesehatannya menurun.

- DJ dan produser musik asal Swedia, Avicii, baru berusia 28 tahun ketika ditemukan meninggal dunia di Muscat, Oman, pada 20 April. Penyebab kematiannya tersiar karena upaya bunuh diri dengan pecahan kaca.

Mei

Pada 14 Mei, sastrawan kawakan asal Amerika Serikat, Tom Wolfe, tutup usia di 88 tahun.

Juni

- Desainer tas, Kate Spade, ditemukan tewas pada 5 Juni di usia 55 tahun. Dia diduga tewas karena bunuh diri karena depresi berkepanjangan.

- Maria Bueno, bintang tenis asal Brasil, meninggal dunia pada 8 Juni di usia 78 tahun karena menderita kanker.

- Pakar sekaligus pengusaha kuliner ternama kelahiran Amerika Serikat Anthony Bourdain di usia 61 tahun pada 8 Juni juga karena bunuh diri.

Juli

Legenda otomotif dunia sekaligus mantan pemimpin Fiat Chrysler, Sergio Marchionne, meninggal dunia pada 25 Juli di usia 66 tahun. Marchionne menjadi otak kebangkitan Fiat dari ambang kehancuran pada tahun 2004.

Agustus

- Mantan Perdana Menteri India Atal Behari Vajpayee meninggal di usia 93 tahun pada 16 Agustus. Dia adalah salah satu anggota pendiri Partai Nasionalis Hindu Bharatiya Janata (BJP) dan menjabat sebagai perdana menteri sebanyak tiga kali antara 1996 dan 2004.

- Pada tanggal yang sama, Aretha Franklin, "Ratu Musik Soul” yang terkenal lewat tembangnya “Natural Woman”, meninggal karena kanker di usia 76 tahun. Sepanjang 50 tahun kariernya bermusik, ia telah menyabet 18 Grammy Award.

- Pada 18 Agustus, mantan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, sekaligus peraih Nobel Perdamaian 2001, Kofi Annan, meninggal di usia 80 tahun.

- John McCain, pahlawan perang Vietnam yang kemudian menjadi Senator dan kandidat Presiden AS, meninggal karena kanker otak pada 25 Agustus di usia 81 tahun.

September

- Bintang film AS kawakan yang merajai era 1970an, Burt Reynolds, meninggal dunia pada 5 September di usia 82 tahun.

- Rapper Mac Miller, mantan kekasih bintang pop Ariana Grande, tewas akibat overdosis kokain dan opioid fentanil pada 7 September.

Oktober

- Jurnalis asal Arab Jamal Khashoggi dibunuh di dalam kantro konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober, setelah masuk untuk memroses dokumen rencana pernikahannya. Pria yang dikenal kerap melancarkan kritiknya terhadap pemerintah Saudi ini meninggal di usia 59 tahun.

- Paul Allen, salah satu pendiri Microsoft, meninggal di usia 65 tahun pada 15 Oktober karena komplikasi limfoma non-Hodgkin. Bersama Bill Gates, ia mendirikan raksasa teknologi ini pada tahun 1975.

- Pemilik klub sepakbola Leicester City, Vichai Srivaddhanaprabha, dipastikan menjadi korban tewas dalam kecelakaan helikopter pada 27 Oktober.

November

- Stan Lee, otak di balik buku-buku komik Marvel, meninggal pada 12 November di usia 95 tahun. Ia menghidupkan karakter-karakter ikonik seperti Spider-Man, X-Men, Iron Man, The Incredible Hulk, Thor, Black Panther dan The Fantastic Four.

- Mantan Presiden AS George H.W. Bush meninggal pada 30 November di usia 94 tahun, tujuh bulan setelah kematian istrinya, Barbara. Bush menjabat sebagai Presiden ke-41 AS pada dari 1989-1993.

Desember

Felipe Gomez Alonzo, baru berusia 8 tahun ketika dipastikan meninggal dunia di dalam penahanan US Customs and Border Protection (CBP) pada malam Natal. Ini adalah kematian kedua anak imigran terkait kebijakan imigrasi Presiden Donald Trump, setelah Jakelin Caal, meninggal di usia 7 tahun pada 8 Desember.



Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tokoh

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top