Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Capaian Kemendikbud dalam Pemajuan Kebudayaan dan Pengembangan Kebahasaan

Sebagai salah satu wujud konkret pemajuan kebudayaan, pemerintah terus menjaga dan melindungi tradisi budaya yang diwariskan secara turun temurun.
Mendikbud dan jajarannya saat menyampaikan Kilas Balik Kinerja Tahun 2018/Bisnis-Nur Faizah al Bahriyatul Baqiroh
Mendikbud dan jajarannya saat menyampaikan Kilas Balik Kinerja Tahun 2018/Bisnis-Nur Faizah al Bahriyatul Baqiroh

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai salah satu wujud konkret pemajuan kebudayaan, pemerintah terus menjaga dan melindungi tradisi budaya yang diwariskan secara turun temurun.

Pada 2018 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan 774 warisan budaya takbenda (WBTB) serta menyerahkan sertifikat penghargaan kepada 30 provinsi yang karya budayanya ditetapkan menjadi WBTB Indonesia. Kemendikbud juga memberikan apresiasi kepada 51 maestro seni tanah air. 

Sampai 2018, pemerintah juga telah meregistrasi 976 cagar budaya, memfasilitasi 98 desa adat, dan 241 komunitas budaya.

Sebanyak 300 pelajar mengikuti program Belajar Bersama Maestro, selain itu sebanyak 1.320 seniman juga turut berpartisipasi dalam pembelajaran seni di sekolah melalui Seniman Masuk Sekolah.

Sebanyak 551 sekolah juga telah mendapatkan bantuan fasilitasi seni dari pemerintah. Sebanyak 15 museum telah mendapatkan dukungan pembenahan dari Direktorat Jenderal Kebudayaan. 

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengungkapkan ihwal peralihan pendekatan dukungan revitalisasi museum pada 2019. Tahun depan, apabila sebelumnya bantuan pemerintah pusat cenderung kepada fisik, akan diarahkan lebih banyak kepada nonfisik. 

“Dua isu yang krusial, manajemen dan kepemilikan. Jadi akan ada banyak bimbingan teknis untuk pengelola museum agar bisa menjalankan tugasnya secara profesional. Selain itu kita akan bikin sirkulasi koleksi," kata Hilmar saat penyampaian Kilas Balik Kinerja Tahun 2018 dan Program Kerja Tahun 2019 di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis(27/12/2018).

"Koleksi museum nasional itu 150 ribu item, sebagian dari koleksi itu nanti akan keliling, dijodohkan dengan koleksi museum lokal. Sehingga kepemilikan publik terhadap museum semakin meningkat,” lanjutnya.

Dari bidang kebahasaan, Kemendikbud melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa telah berhasil memetakan 668 bahasa daerah.

Selain itu, 226 pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) telah dikirimkan ke 22 negara membawa misi diplomasi lunak.

Badan Bahasa juga menyelenggarakan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) kepada 4.841 peserta serta pelatihan kebahasaan kepada 9.586 peserta yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara serta anggota Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Republik Indonesia. 

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V dalam jaringan (daring) tercatat telah diakses lebih dari 29 juta kali

KBBI huruf Braille juga telah dicetak menjadi 139 jilid.

Badan Bahasa bekerja sama dengan unit-unit kerja di lingkungan Kemendikbud maupun di Kementerian Sosial yang memiliki tugas dan fungsi pelayanan kepada difabel tuna netra dalam rangka penyaluran KBBI huruf braille tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper