Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadiri Peringatan Maulid, Mbak Tutut Ajak Teladani Rasulullah SAW

Kabar24.com, JAKARTA - Siti Hardiyanti Rukmana atau akrab disapa Mbak Tutut menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Darusaalam, Fatmawati, Jakarta Selatan.
Mbak Tutut Menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Darusaalam, Fatmawati, Jakarta Selatan/Ilustrasi
Mbak Tutut Menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Darusaalam, Fatmawati, Jakarta Selatan/Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA - Siti Hardiyanti Rukmana atau akrab disapa Mbak Tutut menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid  Darusaalam, Fatmawati, Jakarta Selatan.

Kehadiran Mbak Tutut sekaligus dalam rangka memenuhi undangan dan bersilaturahim dengan jamaah Majelis Taklim Faqihatuddin. 

Pada peringatan maulid yang digelar Sabtu (22/12) itu, Tutut mengajak jamaah yang hadir senantiasa menanamkan sifat sabar. Sabar, katanya, merupakan salah satu akhlak yang diajarkan Rasulullah kepada ummatnya. Putri sulung Soeharto ini juga mengingatkan jamaah agar tak sedikitpun menjadi pribadi pendendam. 

Mbak Tutut bercerita, sewaktu Presiden Soeharto memilih berhenti dari jabatannya, ia dan anak-anak Soeharto lainnya dipanggil menghadap. "Waktu Bapak berhenti jadi presdien kami anak-anaknya dipanggil," ujar Tutut. 

Soeharto pun mengutarakan niatannya untuk berhenti menjadi Presiden. Soeharto berhenti karena sebagaian rakyat memintanya mundur. "Kenapa Bapak berhenti, karena sudah diminta rakyat," ujar Tutut mengingat kembali kejadian 20 tahun silam. 

Pernyataan Soeharto membuat anak-anaknya terkejut, "Pak kenapa, Bapak tidak melalukan sesuatu, karena yang sayang Bapak juga banyak," ujar Tutut. 

"Jangan kalau diteruskan nanti bisa perang saudara," ujar Soeharto. Soeharto mengumumkan pemberhentian dirinya, Soeharto  berhenti dengan hati legowo. 

Di sela-sela perbincangan itu, Soeharto sempat berpesan kepada putra-putrinya. Dia ingin anak-anaknya menjadi pribadi penyabar. Ia juga meminta agar mereka tidak menjadi pendendam. "Sampai saat ini kami terus mengikuti kata Bapak, ingat sabar dan jangan dendam," tutur Tutut.  

Tutut merasa bersyukur karena lahir dari seoarang ayah dan ibu yang teguh memegang ajaran Rasulullah. "Bapak ternyata mengikuti apa kata rasul yang selalu sabar dan tidak pernah dendam. Alhamdulillah, saya lahir dari orang tua saya yang demikian," tuturnya. 

Pada kesempatan itu, tak sedikit jamaah yang curhat kepada Tutut, mereka mengatakan rindu dengan kepeimpinan Soeharto. Salah satunya Maimunah, seorang jamaah asli Tegal. Ia merasa kepresidenan sekarang ini jauh kualitasnya dibanding 32 tahun lalu. Maimunah mengungkapkan perasaannya sambil menahan tangis. Berkali-kali Tutut merangkul Maimunah menenangkannya. 

Kerinduan yang sama juga diungkapkan Kyai Munahar Mukhtar, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta. Pada awal ceramahnya, ia mengajak jamaah turut mendoakan Tutut dan keluarganya. "Mbak Tutut kita doakan sehat terus, kita kangen sama zaman Pak Harto. Mudah mudahan besok sama pemimpinnya seperti Pak Harto," kata Munahar. 

Umanah Hulwani Hidayat, Pimpinan Majelis Taklim Faqihatuddin merasa senang Tutut bersedia memenuhi undangannya. Dia mengaku, sudah lama menantikan kehadiran Tutut di majelisnya.  

"Mudah mudahan putri (mantan) presiden kita bisa hadir sebagai hadiah hari ini. Ada sekitar lima ribu jamaah yang hadir, mudah-mudahan terlepas semua capeknya. Kemaren kita cuma bisa lihat Mbak Tutut di televisi doang, sekarang  ayo dipandangi," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper