Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kubu Prabowo-Sandi Soroti Kotak Suara Berbahan Kardus

Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menggunakan kotak suara Pemilu 2019 dari bahan kardus, menuai kontroversi di publik.
Chusni Mubarok/ist
Chusni Mubarok/ist

Bisnis.com, JAKARTA - Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menggunakan kotak suara Pemilu 2019 dari bahan kardus, menuai kontroversi di publik.

Banyak kalangan menilai langkah tersebut memicu spekulasi yang beragam, diantaranya kemungkinan akan terjadinya kecurangan lantaran kotak suara akan sangat mudah dirusak.

Wakil Sekjen Gerakan Pemuda Ansor, Chusni Mubarok mengatakan keputusan kontroversial itu akan semakin menambah keraguan masyarakat terhadap kredibilitas Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif yang akan dilaksanakan secara serentak pada 17 April 2019.

"Saat ini kan marak pandangan miring Pemilu 2019 akan berlangsung tidak fair. Hal itu mengemuka setelah terjadinya sejumlah kasus. Mulai dari tercecernya e-KTP hingga daftar pemilih yang juga masih bermasalah," ujar Chusni dalam pernyataan pers media center Prabowo-Sandi yang diterima Bisnis, Sabtu (15/12/2018).

Situasi semakin runyam dengan keluarnya keputusan KPU yang menggunakan bahan kardus untuk kotak suara. "Inilah yang akan memunculkan kecurigaan di tengah masyarakat".

Ketua DPP Partai Gerindra ini mengingatkan kepada KPU untuk lebih sensitif dengan meluasnya kritikan masyarakat terhadap keputusan tersebut. Jika tidak dapat dicegah sejak saat ini, dikhawatirkan masyarakat akan semakin kehilangan kepercayaannya kepada penyelenggara Pemilu.

"Siapapun bisa buka kardus itu tanpa berbekas atau tanpa buka gemboknya. Sepertinya banyak orang juga bisa lakukan itu. Artinya gembok disitu nggak ada artinya," katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman menyanggah bahwa kotak suara yang dibuat oleh pihaknya tersebut mudah rusak.

Dia memastikan kotak suara berbahan karton kedap air aman untuk digunakan. Alasannya, model seperti ini juga dipilih karena lebih hemat.

"Penghematan perlu, tapi harus yang mendasar. Urusan kotak suara kok bicara hemat, sementara hutang BUMN dan gaji para elit mereka hambur-hamburkan," tandas Chusni yang juga calon anggota legislatif DPR RI dari Partai Gerindra Dapil Malang Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper