Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buku 'Jokowi Menuju Cahaya': Mengenali Jokowi Lewat Perbuatannya

Setelah menulis biografi Joko Widodo saat menjabat Wali Kota Solo pada 2014, Alberthiene Endah mengajak pembaca menyelami Jokowi dari rekam jejaknya sebagai Presiden Republik Indonesia.
Suasana peluncuran buku 'Jokowi Menuju Cahaya'/Bisnis-Amanda Kusumawardhani
Suasana peluncuran buku 'Jokowi Menuju Cahaya'/Bisnis-Amanda Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA--Setelah menulis biografi Joko Widodo saat menjabat Wali Kota Solo, Alberthiene Endah mengajak pembaca menyelami Jokowi dari rekam jejaknya sebagai Presiden Republik Indonesia.

Lewat buku keduanya ini, Alberthiene menyuguhkan kisah Jokowi melalui tiga sisi yakni rekam jejak, integritas, dan keluarganya.

Ketika ditanya tantangan dalam menulis buku ini, dia mengungkapkan cukup sulit untuk mewawancarai Jokowi di tengah kesibukannya sebagai seorang Kepala Negara.

Namun akhirnya Alberthiene Endah menemukan cara untuk merekam dan membuat buku itu.

"Di dalam penulisan, saya menemukan satu jalan untuk bagaimana merekam dan membuat suatu buku yang bisa memberikan makna bagi pembaca. Yakni, saya membaca suara hati beliau dari apa yang saya lihat, dari apa yang dia kerjakan," katanya saat peluncuran buku 'Jokowi Menuju Cahaya' di Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Alberthiene Endah menuturkan bahwa buku yang diterbitkan Tiga Serangkai Solo ini bercerita tentang laki-laki yang menggunakan seluruh pengalaman yang sulit di masa kecil untuk digunakan sebagai prinsip kerja yang berguna bagi sekitar.

Menurut Alberthiene, ketika Jokowi menjadi pemimpin negara, banyak nilai dan hikmah yang ia kumpulkan sejak kecil menjadi satu cara juangnya.

"Bagi seorang Jokowi, membangun Indonesia adalah membangun keadilan. Bahwa seluruh rakyat dari penjuru mana pun berhak dihampiri pembangunan," tekannya.

Dalam buku ini, Alberthiene menggambarkan Jokowi sebagai sosok yang membuat Indonesia memiliki tujuan dan harapan bahwa esok Indonesia menjadi lebih baik.

Buku 'Jokowi Menuju Cahaya' merupakan buku kedua yang ditulisAlberthiene mengenai kehidupan Jokowi.

Sebelumnya, Alberthiene menulis buku berjudul 'Memimpin Kota Menyentuh Jakarta' yang ditulisnya pada 2012.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper