Begini Aksia para Lansia saat Lomba Menyanyi Tembang Kenangan

Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional, Rumah Sakit Panti Rapih menggelar Lomba Lansia Idola Tembang Kenangan di ruang biara, Jumat (30/11/2018). Kegiatan ini sekaligus memberi ruang bagi kaum lansia untuk berkumpul dan saling menuangkan bakat bernyanyi.
Bernadheta Dian Saraswati | 30 November 2018 20:28 WIB
Salah satu lansia tampil menyanyi dalam Lomba Lansia Idola Tembang Kenangan yang diselenggarakan Rumah Sakit Panti Rapih, Jumat (30/11/2018). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Bisnis.com, JOGJA - Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional, Rumah Sakit Panti Rapih menggelar Lomba Lansia Idola Tembang Kenangan di ruang biara, Jumat (30/11/2018). Kegiatan ini sekaligus memberi ruang bagi kaum lansia untuk berkumpul dan saling menuangkan bakat bernyanyi.

Lomba menyanyi diikuti 40 peserta dari DIY dan kota lain. Peserta boleh memilih satu dari lima lagu tembang kenangan yang sudah ditentukan panitia, antara lain Gereja Tua, Sepanjang Jalan Kenangan, Love Me Tender, All I Have to Do is Dream, dan Andaikan Kau Datang Kembali.

Stephanus Hardyanto, Ketua Panitia mengatakan kegiatan lomba menyanyi ini sebagai bentuk perhatian Panti Rapih kepada kaum lansia terutama yang mandiri, sehat, dan produktif. Di DIY, dari total penduduk yang ada, sebanyak 20% adalah lansia dan di antara mereka masih sehat dan produktif.

"Kami memilih lomba menyanyi karena lagu itu bersifat general. Mengobati bisa lewat lagu," kata pria yang juga berprofesi sebagai dokter umum ini, Jumat  (30/11/2018).

Panti Rapih ingin hadir tidak hanya bagi masyarakat yang sedang sakit tetapi juga yang sehat. Sebab, rumah sakit ini ingin menyembuhkan secara holistik yang tidak hanya meliputi fisik tetapi emosional, spiritual, dan intelegensia.

Ia berharap kegiatan lomba ini menjadi tempat berkumpul dan bersahabat bagi para lansia. "Kami ingin bentuk komunitas lansia. Salah satunya sudah kami bentuk melalui layanan Golden Care yang menyelenggarakan acara untuk lansia seperti senam lansia dan tembang kenangan ini," katanya. Bagi yang berminat mengikuti layanan Golden Care bisa mendaftarkan diri melalui hotline 08157637576.

Direktur Pelayanan Keperawatan Rumah Sakit Panti Rapih Yosefine Kusuma Hastuti mengatakan Panti Rapih memiliki misi peduli dengan yang berkesusahan dan menderita. Untuk itu, lomba menyanyi ini selain sebagai ajang berekspresi juga sebagai obat bagi lansia yang merasa sendiri dan merasa tidak lagi memiliki peran.

"Harapannya kegiatan ini mengembalikan rasa bermakna dalam dirinya, bisa gembira, bisa mendoakan cucu-cucunya. Lansia bisa menjalankan peran sebagai pandito, menjadi tetua yang sehat dan pendoa sehingga lansia sehat secara komprehensif," jelas Yosefine.

Suparno, salah satu peserta dari Prambanan, Sleman, mengaku memanfaatkan kesempatan ini karena memang suka menyanyi dan ingin menuangkan hobinya melalui lomba. "Saya dikasih tahu anak. Karena ini khusus untuk lansia, jadi saya ikut," kata kakek satu cucu ini, Jumat. Sebagai lansia, ia ingin tetap bersemangat, menjaga kesehatan, dan berkarya.

Final lomba diselenggarakan pada Sabtu (1/12/2018). Para juara tiga besar dan satu juara favorit akan mendapat hadiah berupa uang tunai, vucher medical check up, piala, dan merchandise. Rencananya lomba seperti ini akan digelar setiap tahun.

Tag : lansia, lanjut usia
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top