KLHK Segera Buat Portal Satu Data

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hendak menyempurnakan sistem informasi berbasis website dalam mengembangkan portal satu data.
Yanuarius Viodeogo | 14 November 2018 21:04 WIB
Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar memberikan paparan saat presentasi kebijakan kehutanan di Jakarta, Rabu (11/7/2018). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hendak menyempurnakan sistem informasi berbasis website dalam mengembangkan portal satu data. 

Sekjen KLHK Bambang Hendroyono mengatakan, KLHK akan menggabungkan semua sistem informasi dari tiap eselon 1 menjadi satu data KLHK supaya pemenuhan layanan infomasi publik cepat, mudah dan wajar. 

"Paling tidak eselon I KLHK mempunyai 5 sistem informasi untuk memudahkan dan meningkatkan kinerjanya. KLHK tengah memperbaiki tata kelola data dengan mendorong kebijakan satu data KLHK jadi data tersaji akurat, terbuka," kata Bambang, dari siaran pers KLHK, Selasa (13/11/2018).

Menurutnya, dalam perbaikan tata kelola data terdapat 4 strategi digunakan yaitu penataan regulasi dan kelembagaan, standarisasi dan sinkronisasi data, peningkatan kapasistas, dan interoperabilitas data lintas eselon I dan antara kementerian, lembaga dan di daerah. 

Informasi dari Litbang KPK, terungkap sistem informasi penatausahaan hasil hutan (SIPUHH) online mencatatkan rantai birokrasi dapat dipotong hingga 60%.

Tag : data center, klhk
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top