Fake or Fact: Video dan Foto JT-610 Beredar di Masyarakat? Ini Penjelasan BNPB

Setelah kabar pesawat Lion Air JT-610 hilang kontak dan jatuh, beredar video dan foto yang menggambarkan kondisi pesawat sebelum dan sesudah jatuh di media sosial dan layanan pesan singkat.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 30 Oktober 2018  |  08:41 WIB
Fake or Fact: Video dan Foto JT-610 Beredar di Masyarakat? Ini Penjelasan BNPB
Personel Basarnas melakukan penyelaman untuk mencari korban pesawat Lion Air bernomor penerbangan JT-610 rute Jakarta-Pangkalpinang yang jatuh di laut utara Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018). - ANTARA/Basarnas

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah kabar pesawat Lion Air JT-610 hilang kontak dan jatuh, beredar video dan foto yang menggambarkan kondisi pesawat sebelum dan sesudah jatuh di media sosial dan layanan pesan singkat.

Dalam video yang beredar, terlihat kondisi di dalam pesawat yang sedang mengalami turbulensi. Ada pula foto yang sedikit blur yang menunjukkan penumpang mengenakan masker oksigen di dalam pesawat.

Satu foto lagi memperlihatkan bangkai pesawat Lion Air yang terbelah di bagian tengah. Bagian hidung pesawat hilang sehingga bagian dalam pesawat terlihat jelas.

Terkait video dan foto-foto yang beredar tersebut, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menegaskan semuanya bukanlah pesawat JT-610.

“Video ini BUKAN penumpang pesawat Lion Air JT-610. Tetapi, ini penumpang pesawat Lion Air JT-353 Padang-Jakarta yang turbulensi dan semua penumpang selamat beberapa waktu lalu. Tidak ada video/foto kondisi penumpang sebelum JT-610 jatuh. Jangan ikut menyebarkan hoax,” paparnya melalui akun Twitter resminya, Senin (29/10/2018).

Sementara itu, foto penumpang mengenakan masker oksigen adalah foto kondisi penumpang pesawat Sriwijaya Air ketika terjadi turbulensi, beberapa waktu lalu. Sutopo menyatakan semua penumpangnya selamat.

Foto pesawat Lion Air yang terbelah pun bukanlah pesawat JT-610.

“Di sosia media beredar foto ini yang menyebutkan sebagai pesawat Lion Air JT-610. Info itu tidak benar. Itu hoax. Foto ini adalah bangkai pesawat Lion Air JT-904 yang mengalami musibah di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada 13/4/2013,” terangnya.

Sutopo meminta masyarakat untuk tidak mempercayai hoaks dan tidak menyebarkannya ke orang lain.

BNPB menyampaikan operasi pencarian pesawat JT-610 di perairan Karawang masih berlangsung oleh tim SAR gabungan yang dikoordinir Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
lion air JT 610, hoax

Editor : Annisa Margrit
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top