Padmamitra Awards, Mensos Beri Penghargaan pada 21 Perusahaan

Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia bersama Forum Tanggung Jawab Sosial Dunia Usaha dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (Forum CSR Kessos) menyelenggarakan malam puncak Padmamitra Awards yang ketiga pada Kamis (25/10/2018). Pada acara itu, Kemensos menyerahkan penghargaan kepada 21 perusahaan.
Aziz Rahardyan | 25 Oktober 2018 23:34 WIB
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Ketua Form CSR Kessos GKR Mangkubumi dan perusahaan peraih Penghargaan Padmamitra 2018 - Bisnis/Aziz Rahardyan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia bersama Forum Tanggung Jawab Sosial Dunia Usaha dalam Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (Forum CSR Kessos) menyelenggarakan malam puncak Padmamitra Awards pada Kamis (25/10/2018).

Bertempat di Ballroom Swiss-Belhotel Jakarta, ajang penghargaan yang digelar setiap dua tahun ini bertujuan mengapresiasi perusahaan atau badan usaha yang telah menunaikan tanggung jawab sosial bidang kesejahteraan sosial atau melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR).

“Penghargaan ini diharapkan dapat mendongkrak badan usaha lain untuk mengadopsi hal yang sama dengan peraih Penghargaan Padmamitra, dan Kementerian Sosial sangat terbuka dan menanti kerja sama seluruh badan usaha di wilayah Tanah Air ini,” ungkap Menteri Sosial Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan persnya.

Penghargaan Padmamitra tahun ini memiliki 7 kategori penilaian. Setelah dilakukan seleksi dan penjurian, sebanyak 21 perusahaan berhasil menerima penghargan dari total 72 perusahaan yang mendaftar pada Juli 2018.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih, dan bagi perusahaan-perusahaan atau badan usaha yang belum berkesempatan untuk mendapatkan penghargaan, sebenarnya semuanya adalah pemenang,” ungkap Agus dalam pidato penutup acara.

“Sekecil apapun kontribusi dari perusahaan untuk melakukan CSR di bidang kesejahteraan sosial, bagi kami di Kementerian Sosial merupakan sumbangsih yang tidak ternilai,” tambah Agus.

Perusahaan yang berhasil memboyong Penghargaan Padmamitra di antaranya, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk., PT Semen Padang Sumatra Barat, PT Sarihusada Generasi Mahardika Yogyakarta, PT Wirakarya Sakti Jambi, PT Saka Energi Indonesia Jawa Timur, dan PT Bukit Asam Tbk.(Persero) untuk penghargaan CSR Kategori Bidang Kemiskinan.

Bidang Ketelantaran berhasil diraih Conocophillips (Grissik) Ltd Jakarta, PT Bintan Resort Cakrawala Kepulauan Riau, PT Pertamina Hulu Energi ONJW Jakarta, dan PT Mitra Adiperkasa Jakarta. Sedangkan PT Tirta Investama Jawa Tengah, PT Astra International Tbk., dan PT Antam Tbk., unit Bisnis Pertambangan Nikel Sulawesi Tenggara berhasil membawa pulang penghargaan CSR Kategori Bidang Disabilitas.

Selanjutnya penghargaan CSR Kategori Bidang Keterpencilan/Perbatasan diraih JOB Pertamina Tasliman Jambi Merang wilayah Jambi, PT Tunas Sawa Erma wilayah Papua, dan Kencana Agri Ltd wilayah Jakarta. Sedangkan penghargaan CSR Kategori Bidang Ketunaan Sosial dan Penyimpangan Perilaku berhasil dibawa pulang PT Paiton Energy Jawa Timur.

Untuk CSR Kategori Bidang Kebencanaan berhasil diraih PT HM Sampoerna Tbk., dan PT Japfa Comfeed Indonesia Jakarta. Terakhir, CSR Kategori Bidang Korban Tindak Kekerasan, Eksploitasi dan Diskriminasi berhasil diraih JOB Pertamina – Medco E&P Tomori Sulawesi dari Sulawesi Tengah dan PT Kaltim Nitrate Indonesia dari Kalimantan Timur.

Tag : csr
Editor : Rahayuningsih

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top