Jokowi Lanjutkan Silaturahmi ke Pesantren, Kali Ini ke Girikusumo Demak

Presiden RI Joko Widodo melanjutkan silaturahmi pesantren salah satunya di Pondok Pesantren Girikusumo Mranggen Kabupaten Demak. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjalin silaturahmi dengan para kiai dan santri yang ada.
Alif Nazzala Rizqi | 20 Oktober 2018 01:25 WIB
Presiden RI Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan saat Silaturahmi ke Ponpes Girikusumo, Demak, Jumat (19/10). (Alif Nazzala Rizqi - Bisnis).

Bisnis.com, DEMAK - Presiden RI Joko Widodo melanjutkan silaturahmi pesantren salah satunya di Pondok Pesantren Girikusumo Mranggen Kabupaten Demak. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjalin silaturahmi dengan para kiai dan santri yang ada.

Presiden RI Joko Widodo mengatakan, kunjungan ini dalam rangka silaturahmi dengan kiai kondang asal Kabupaten Demak yakni Mbah Munif. Pasalnya, meskipun sering mengunjungi Semarang namun belum sempat untuk berkunjung ke Ponpes Girikusumo.

"Saya ini sering ke Semarang namun belum sempat mengunjungi Ponpes Girikusumo. Terakhir saya mengunjungi Ponpes Girikusumo pada 2014 lalu untuk mendiskusikan masalah kebangsaan dan kenegaraan," kata Jokowi Jumat (19/10/2018).

Menurutnya, dengan mengunjungi Ponpes pihaknya banyak mendapatkan masukan mengenai ketatanegaraan dan kebangsaan dari ulama kondang asal Kabupaten Demak tersebut.

Dia menambahkan, pandangan Mbah Munif mengenai ketatanegaraan sangat luar biasa. Kendati demikian, pihaknya belum bisa menyampaikan secara perinci apa yang telah didiskusikan dengan Mbah Munif.

"Saat ini belum bisa saya sampaikan mengenai diskusi tadi. Yang jelas kami membahas masalah kebangsaan dan kenegaraan," ujarnya.

Lebih lanjut, Jokowi berjanji untuk memberikan perhatian kepada pondok pesantren. Dia berpesan, agar pondok pesantren bisa menghasilkan santri yang mempunyai akhlak baik dan berkompeten.

"Saya titip pesan untuk pondok pesantren semakin meningkatkan kompetensi mengajar. Ini untuk menciptakan para santri yang punya akhlak baik, berkompeten dan bisa bersaing dengan negara lain," katanya. 

Adapun, kunjungan Jokowi ke Ponpes Girikusumo didampingi anggota DPR RI Abdul Kadir Karding, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono, serta Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Tag : jokowi
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top