Bantuan Serikat Pekerja Pelindo III Tiba di Palu dan Donggala

Bantuan untuk para korban gempa dan tsunami dari Serikat Pekerja PT Pelindo III telah tiba di Palu dan Donggala. Perwakilan Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia III menyerahkan bantuan tersebut secara langsung kepada para korban.
Sri Mas Sari | 19 Oktober 2018 17:51 WIB
Warga korban gempa dan tsunami berkumpul, usai menerima kiriman bantuan makanan yang diangkut helikopter PMI, di Donggala, Sulawesi Tengah, Kamis (4/10/2018). - Reuters/Darren Whiteside

Bisnis.com, JAKARTA -- Bantuan untuk para korban gempa dan tsunami dari Serikat Pekerja PT Pelindo III telah tiba di Palu dan Donggala.

Perwakilan Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia (SPPI) III menyerahkan bantuan tersebut secara langsung kepada para korban.

Bantuan itu antara lain berupa tenda, terpal, beras, makanan siap saji, air minum kemasan, bantal, termos, obat-obatan, susu, dan pakaian.
 
Koordinasi dan penyerahan bantuan dilakukan bersama-sama dengan Federasi Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia (FSPPI) di Makassar dan Palu, diikuti oleh 7 orang perwakilan SPPI III. 
 
“Bantuan sudah sampai di Palu dan sudah didistribusikan oleh perwakilan SPPI III. Semoga bisa meringankan beban para korban,” ujar Ketua SPPI Muhammad F. Malik dalam siaran pers, Jumat (19/10/2018).

Perwakilan SPPI III bekerja sama dengan relawan memobilisasi bantuan, khususnya selimut, tenda, makanan air bersih, dan sanitasi.

Berdasarkan UU No 17/2008, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) sebagai badan usaha pelabuhan tidak hanya sebagai penyedia fasilitas, tetapi juga mampu melakukan kegiatan bongkar muat barang sehingga lebih efektif mendistribusikan bantuan kepada korban.

Peraturan Menteri Perhubungan No 152/2016 yang mengatur penyelenggaraan dan pengusahaan bongkar muat dari dan ke kapal juga menegaskan Pelindo dapat melakukan kegiatan bongkar muat barang dari dan ke kapal. Dengan demikian, penyaluran bantuan korban bencana dapat tersalurkan dengan cepat dan tepat sasaran.

Adapun total bantuan yang berhasil dihimpun FSPPI Rp394,3 juta, dengan perincian dari SPPI I Rp70,6 juta, SPPI II dan Rumah Sakit Pelabuhan Rp151,6 juta, serta SPPI III Rp127 juta.

Tag : pelindo iii, Donggala, Gempa Palu
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top