Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sri Mulyani Minta Lagarde dan Jim Yong Kim Tinggal Lebih Lama dan Habiskan Gaji di Indonesia

Menkeu Sri Mulyani meminta Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional Christine Lagarde dan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim tinggal lebih lama dan menghabiskan seluruh gaji di Indonesia.
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 14 Oktober 2018  |  16:59 WIB
Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim (kiri) dan Pendiri Alibaba Group Jack Ma saat menjadi pembicara pada diskusi panel Disrupting Development dalam Pertemuan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali Jumat (12/10/2018). - JIBI/Abdullah Azzam
Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim (kiri) dan Pendiri Alibaba Group Jack Ma saat menjadi pembicara pada diskusi panel Disrupting Development dalam Pertemuan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali Jumat (12/10/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, NUSA DUA -- Menkeu Sri Mulyani meminta Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional Christine Lagarde dan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim tinggal lebih lama dan menghabiskan seluruh gaji di Indonesia.

Permintaan itu diungkapkan Menkeu setelah keduanya mampu mengungkapkan kalimat dalam Bahasa Indonesia secara fasih. Lagarde dan Kim sudah seminggu berada di Indonesia, mengikuti Annual Meetings IMF-WB 2018.

Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde mengatakan penghargaannya atas penyelenggaraan pertemuan tahunan IMF-World Bank Group 2018. " Terima kasih Indonesia atas semua jerih lelah Anda," ujar Lagarde dalam Bahasa Indonesia. 

Sementara, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim mengungkapkan dalam Bahasa Indonesia,"Saya menyampaikan bela sungkawa yang mendalam atas hilangnya jiwa dan kerusakan di Sulawesi dan Lombok. Kami semua World Bank Group siap mendukung pemerintah dan rakyat Indonesia."

Menurut Sri Mulyani, dalam waktu seminggu saja berada di Indonesia, Lagarde dan Kim sudah mampu mengungkapkan kalimat dalam bahasa Indonesia. Apalagi, jika mereka tinggal lebih lama di Indonesia. 

"Anda baru seminggu di Indonesia sudah fasih berbahasa Indonesia, apalagi Anda lama di sini," katanya dalam konferensi pers penutupan IMF-WB 2018, Minggu (14/10/2018).

Sri Mulyani juga mengungkapkan terima kasih atas motivasi yang diberikan semua peserta IMF-WB 2018 atas bencana yang saat ini sedang dihadapi Indonesia. 

"Kami gunakan ekspresi dan dukungan sebagai respons untuk melanjutkan semangat sampai kami memulihkan wilayah yang terdampak," kata Sri Mulyani. 

Sri Mulyani  juga ikut mengomentari pidato Jokowi yang menggunakan istilah serial televisi Game of Thrones yakni winter is coming sebagai seruan atas kondisi global saat ini.

Menurutnya, selama dia mengikuti Annual Meetings IMF-WB 2018 sejak 13 tahun lalu, belum pernah ada pidato kepala negara tuan rumah yang sederhana, fokus, relevan, dan tidak biasanya.

"Semua bertanya siapa yang menulis pidato, apakah kamu Sri Mulyani? Tidak, saya tidak punya imajinasi seperti itu, itu adalah Pak Jokowi sendiri, itu pidato yang sangat baik dengan koordinasi yang kuat dan kolaborasi kuat juga, dan semangat multilateral dan merupakan isu yang relevan bagi dunia," tutur Sri Mulyani. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani imf world bank annual meetings IMF-World Bank
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top