Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KY Loloskan 25 Calon Hakim Agung

Komisi Yudisial meloloskan 25 calon hakim agung dari 81 peserta seleksi kualitas dalam Rapat Pleno Komisi Yudisial CHA Tahun 2018.
Aidul Fitriciada Azhari/Antara
Aidul Fitriciada Azhari/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Komisi Yudisial meloloskan 25 calon hakim agung dari 81 peserta seleksi kualitas dalam Rapat Pleno Komisi Yudisial CHA Tahun 2018.

Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Aidul Fitriciada mengungkapkan CHA yang lulus seleksi kualitas tersebut terdiri dari 16 orang jalur karier dan 9 orang dari jalur nonkarier.

Sementara berdasarkan kategori jenis kelamin, sebanyak 22 orang calon merupakan laki-laki, dan hanya 3 orang perempuan yang lolos.

"Dilihat dari profesi CHA yang lulus seleksi kualitas, maka ada sebanyak 16 orang hakim karir, 4 orang akademisi, dan 5 orang berprofesi lainnya," tutur Aidul, Rabu (10/10/2018).

Menurut Aidul, berdasarkan kamar yang dipilih CHA, ada 6 orang CHA lulus seleksi kualitas di kamar Pidana, 11 orang lulus di kamar Perdata, 4 orang lulus di kamar Agama, 2 orang lulus seleksi kualitas di kamar Tata Usaha Negara khusus pajak, dan 2 orang lulus di kamar Militer.

"Selanjutnya, bagi CHA yang lulus seleksi kualitas berhak mengikuti Tahap III, yaitu seleksi kesehatan dan kepribadian. Khusus materi yang diujikan pada seleksi kepribadian meliputi asesmen kompetensi dan kepribadian, rekam jejak, dan masukan dari masyarakat," kata Aidul.

Aidul menambahkan pihaknya juga akan bekerja sama dengan KPK untuk menelusuri rekam jejak 25 CHA mulai dari Laporan Harga Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) hingga aliran dana yang tidak wajar.

"Untuk itu, KY mengharapkan partisipasi masyarakat dengan identitas yang jelas agar memberikan informasi atau pendapat secara tertulis tentang integritas, kapasitas, perilaku, dan karakter CHA yang dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi," ujar Aidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper