Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Palu : Uu Minta Warga Jabar jangan Minta Sumbangan di Jalan

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengimbau masyarakat di seputar Jabar untuk tidak meminta sumbangan di jalan untuk membantu korban gempa Palu dan Donggala.
Uu Ruzhanul Ulum
Uu Ruzhanul Ulum

Bisnis.com, BANDUNG—Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengimbau masyarakat di seputar Jabar untuk tidak meminta sumbangan di jalan untuk membantu korban gempa Palu dan Donggala.

Selain itu Wagub juga meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat untuk mengeluarkan instruksi agar warga melaksanakan doa dan shalat gaib usai salat jumat. 

Uu mengatakan shalat gaib ini ditujukan untuk warga yang menjadi korban gempa bumi dan tsunami di beberapa wilayah Sulawesi Tengah.

"Harapan kami, jumat nanti kami akan mengimbau ke MUI Jawa Barat untuk mengeluarkan instruksi untuk melaksanakan doa dan salat gaib usai melaksanakan salat jumat nanti," kata Uu Ruzhanul Ulum, di Bandung, Senin (1/10/2018).

Selain itu, pihaknya juga mengetuk hati warga Jawa Barat yang memiliki rezeki lebih agar menyumbangkan sebagai rezekinya untuk warga di Sulawesi Tengah.

"Jadi bukan cuma doa tapi bantuan materi juga itu penting,  Oleh karena itu kalau ada kelebihan ekonomi atau materil bisa disisihkan. Mari kita 'rereongan' (patungan) untuk membantu saudara kita yang tertimpa musibah bencana alam di sana," katanya.

Lebih lanjut ia juga meminta agar warga atau kelompok warga tidak meminta sumbangan untuk korban bencana alam di pinggir jalan.

“Warga tidak mencari bantuan di pinggir jalan, itu harus terkoodinir, harus di bawah kendali pemda masing-masing. Bukan kami tidak percaya kepada mereka tapi kami khawatir ada penyalanggunaan," ujarnya.

Uu juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Jawa Barat agar bersama-sama mendoakan warga di Sulawesi Tengah yang menjadi korban gempa bumi dan tsunami agar tetap tabah dan kuat menghadapi cobaan bencana alam tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper