Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DKI Targetkan 3.000 Atlet Asian Games Gunakan Paket Wisata Gratis

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menargetkan sebanyak 3.000 atlet Asian Games dapat menggunakan paket gratis kunjungan ke destinasi wisata unggulan di Jakarta.
Pengunjung menyaksikan pertunjukan perdana video mapping di Tugu Monas, Jakarta, Senin (13/8). Pertunjukan berdurasi 15 menit itu dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-73 RI dan Asian Games 2018./Antara
Pengunjung menyaksikan pertunjukan perdana video mapping di Tugu Monas, Jakarta, Senin (13/8). Pertunjukan berdurasi 15 menit itu dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke-73 RI dan Asian Games 2018./Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menargetkan sebanyak 3.000 atlet Asian Games dapat menggunakan paket gratis kunjungan ke destinasi wisata unggulan di Jakarta.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Asiantoro mengatakan bahwa Disparbud telah membuat program khusus untuk menarik wisatawan asing untuk terus kembali ke Jakarta. Program ini menawarkan paket perjalanan wisata gratis kepada atlet dan ofisial yang sedang bertanding pada perhelatan Asian Games.

Disparbud mencatat, jumlah atlet saat ini yang menggunakan fasilitas ini telah mencapai 1.700 orang. Hingga Asian Games selesai pada awal September nanti, Disparbud menargetkan bisa mengantar sebanyak 3.000 atlet.

"Ini merupakan diplomatik bisnis kita. Harapannya tahun depan dapat menambah kunjungan. Kita berikan layanan agar memberi kesan baik," kata Asiantoro kepada Bisnis, Rabu (29/8/2018).

Seperti diketahui, paket kunjungan grstis ini akan dimulai dari kawasan Wisma Atlet dan diantar dengan memakai Transjakarta. Adapun untuk paket wisata heritage (warisan budaya) tujuannya seperti Monumen Nasional, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Museum Wayang, Museum Senin Rupa dan Keramik, Kota Tua. Jadwal keberangkatan paket ini bervariasi mulai pukul 08.00 WIB--16.20 WIB.

Disparbud menetapkan untuk wisata belanja tempat yang akan dikunjungi seperti Grand Indonesia, Plaza Indonesia, Senayan City, dan Plaza Senayan dan SMESCO. Jadwal keberangkatan paket ini bervariasi mulai pukul 08.00 WIB--21.50 WIB.

Selain itu, destinasi wisata di bidang kuliner, seni, dan budaya terwakilkan dengan destinasi seperti Kawasan Budaya Betawi Setu Babakan dan Gedung Pertunjukan Wayang Bharata. Pertunjukan wayang orang ini dapat diakses pukul 10.00 WIB dan 16.00 WIB. Sedangkan paket perjalanan ke Setu Babakan dapat diambil pukul 08.00 WIB dan 14.00 WIB.

Sementara itu, Asiantoro belum memiliki secara terperinci tingkat okupansi (keterisian) hotel berbintang dan jumlah kunjungan ke tempat rekreasi keluarga seperti Dunia Fantasi, Taman Mini Indonesia Indah, dan lain-lain.

Kendati demikian, dia mengklaim ada kenaikan cukup signifikan terhadap bisnis perhotelan dan tempat rekreasi. Khususnya yang bekerja sama dengan Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) atau berada di sekitar venue pertandingan.

"Lonjakan pariwisata diperkirakan di akhir Asian Games karena saat ini masih sibuk dengan pertandingan," imbuhnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memprediksi akan ada ratusan ribu turis asing yang datang ke Jakarta untuk menyaksikan Asian Games 2018. "Saya perkirakan akan datang 150.000--200.000 wisatawan asing selama musim Asian Games ini," kata Anies pada beberapa waktu lalu.

Menurutnya, turis asing tersebut terdiri dari atlet, ofisial, jurnalis, dan penonton. Dia menambahkan keberadaan wisman tersebut membawa keuntungan secara ekonomi. Pasalnya, Pemprov DKI dapat menawarkan destinasi wisata melalui paket-paket yang menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper