PBB Absen Usung Capres karena Tidak Diajak Partai Lain

Partai Bulan Bintang tidak mengusung bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden karena tidak ada para calon yang mengajak.
Jaffry Prabu Prakoso | 11 Agustus 2018 03:37 WIB
Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra (kedua kanan) - ANTARA
Bisnis.com, JAKARTA — Partai Bulan Bintang tidak mengusung bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden karena tidak ada para calon yang mengajak.
Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra mengakui partainya tidak diminta dukung karena tingkat elektabilitas kecil.
“Kalau mereka sendiri tidak pernah mengajak kita untuk mendukung mereka, untuk apa kita capek-capek mendukung salah satu dari mereka,” katanya melalui keterangan pers, Jumat (10/8/2018).
Yusril menjelaskan bahwa pada pemilihan legislatif (pileg) 2014 PBB tidak punya kursi di DPR, hanya punya suara sah secara nasional. 
Sementara itu, UU nomor 7 tahun 2017 pasal 222 tentang pemilu, pengusung calon presiden menggunakan jumlsh kursi di DPR, bukan suara sah secara nasional. 
“Dengan digunakannya cara ini,  PBB tidak dalam posisi dapat mencalonkan atau mengusung pasangan calon,” ungkapnya. 
Karena tidak mendukung salah satu calon, Yusril meminta para kader fokus pada ke Pileg agar PBB memperoleh suara di atas 4 persen dan kembali eksis di DPR. 
Tag : Pilpres 2019
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top