KIRAB OBOR ASIAN GAMES 2018: Semangat Warga Sorong Bikin Menteri Eko Takjub

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengaku takjub melihat antusiasme warga di seluruh sudut kota Sorong kala menyambut obor Asian Games 2018 tiba di kota itu, hari ini.
Yusuf Waluyo Jati | 27 Juli 2018 23:28 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Jumat (27/7/2018) membawa obor Asian Games 2018 yang akan diberikan kepada para atlet untuk selanjutnya dibawa ke kantor Wali Kota Sorong dengan cara diarak keliling di Kota Minyak tersebut. - Bisnis/Yusuf Waluyo Jati

Bisnis.com, SORONG, Papua Barat - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo mengaku takjub melihat antusiasme warga di seluruh sudut kota Sorong kala menyambut obor Asian Games 2018 tiba di kota itu, hari ini.

Dari pengamatan Bisnis, di sepanjang jalan protokol ibu kota, terlihat antusiasme warga tua dan muda, para pelajar dengan atribut bendera, hingga Pramuka, berjejer di pinggir jalan menyaksikan arak-arakan api obor tersebut.

“Terima kasih kepada Wali Kota Sorong [Lambert Jitmau] dan seluruh masyarakat Sorong atas penyambutan yang luar biasa meriahnya,” ujarnya di kantor Wali Kota Sorong seusai memimpin kirab api obor Asian Games 2018 berkeliling kota, Jumat (27/7/2018).

Menteri Eko juga berharap semua pihak bisa berpartisipasi aktif menyukseskan perhelatan akbar olahraga Asia ini berjalan lancar sehingga membuat Indonesia menjadi semakin dikenal oleh bangsa-bangsa lain.

“Melihat warga Sorong yang semangatnya luar biasa ini saya pun ikut terbawa [semangat]. Sampai saya pun diingatkan [keluarga] agar tidak boleh lama-lama [terlalu lelah]. Ingat berat badan dan umur,” celotehnya.

Sebelum diarak keliling kota bersama semua unsur perangkat daerah, dan dikawal ketat oleh polisi dan TNI pada pukul 14.00 WIT, api obor Asian Games 2018 lebih dahulu tiba di Sorong pada hari yang sama sekitar pukul 10.00 WIT.

Obor tersebut diangkut dengan menggunakan KRI I Gusti Ngurah Rai yang berangkat dari Waisai, Raja Ampat.

Selanjutnya, pada sekitar pukul 13.30 WIT, obor api Asian Games 2018 tiba di kantor Lantamal XIV Sorong. Dalam kesempatan itu, Menteri Eko menyerahkan secara simbolis obor Asian Games 2018 kepada para atlet yang kemudian membawanya ke kantor Wali Kota Sorong dengan cara diarak keliling kota.

Kirab obor Asian Games 2018 di kota Sorong, Provinsi Papua Barat, ini menjadi petualangan terakhir di Bumi Cenderawasih.  Adapun berikutnya, obor Asian Games 2018 direncanakan menyinggahi Tanjung Bira, Makassar, Sulawesi Selatan, untuk dikirab pada 28—30 Juli 2018.

Menteri yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa ini juga berharap Indonesia bisa menyabet peringkat 10 besar dalam ajang Asian Games 2018. Selain berposisi sebagai tuan rumah, Indonesia diharapkan bisa maksimal dalam sejumlah cabang olahraga unggulan.

“Sesuai dengan harapan Kemenpora, kita bisa masuk 10 besar, terutama kita bisa maksimal dalam cabang olahraga bulutangkis, pencak silat, angkat besi, dan panahan.”

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top