Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persaingan Boeing dan Airbus Berlanjut?

Persaingan dua produsen pesawat terbesar di dunia bakal kian sengit. Sebelumnya, Airbus SE dan Bombardier Inc bermitra dalam program pesawat C Series, kini giliran Boeing dan Embraer menyepakati kemitraan pesawat komersial.
Logo Airbus/Reuters-Regis Duvignau
Logo Airbus/Reuters-Regis Duvignau

Bisnis.com, FARNBOROUGH, Inggris  - Eksekutif Top Boeing Co (BA.N) dan Embraer SA (EMBR3.SA) pada  Senin (16/7/2018) menyepakati kemitraan pesawat komersial yang sudah direncanakan,  mereka yakin akan memenangkan persetujuan peraturan dan pemegang saham saat meluncurkan Embraer ke pasar baru .

"Saya tidak dapat mengantisipasi,  siapa pun akan mendukung proyek ini mengingat manfaat yang akan dibawa ke Brasil," kata Embraer Paulo Cesar de Souza e Silva dalam jumpa pers di Farnborough Airshow. "Siapa yang bisa melawan lebih banyak pekerjaan, lebih banyak ekspor, lebih banyak teknologi, lebih banyak akses ke modal?"

Persaingan Boeing dan Airbus Berlanjut?

Foto-Foto Reuters

Kedua produsen pesawat mengumumkan bulan lalu joint venture senilai US$4,75 miliar  memberikan Boeing saham pengendali di  pesawat komersial Embraer.

Aliansi Boeing-Embraer, yang mengikuti langkah dari Airbus-Bombardier yang diumumkan tahun lalu, mewakili penataan kembali yang terbesar di pasar kedirgantaraan global dalam beberapa dasawarsa, memperkuat pembuat pesawat di Barat yang sudah mapan terhadap pendatang baru dari China, Rusia dan Jepang, kata para analis.

Perusahaan baru mendorong Boeing ke ujung bawah pasar, memberikan kompetisi yang lebih ketat ke jet CSeries - sekarang diganti merek sebagai A220 - yang dirancang oleh Kanada Bombardier Inc (BBDb.TO) yang didukung oleh saingan Eropa, Airbus SE (AIR.PA) .

Kesepakatan itu masih harus  melewati hambatan politik dan peraturan sebelum ditutup, seperti yang diusulkan, pada akhir tahun depan.

Kemitraan tersebut, yang menambah 70- 130 kursi keluarga untuk lineup Boeing, diperkirakan akan meningkatkan pendapatan perusahaan AS per saham dari 2020, menghasilkan penghematan biaya sebelum pajak tahunan sekitar US$150 juta pada tahun ketiga, kata perusahaan.

Persaingan Boeing dan Airbus Berlanjut?

CEO Boeing Dennis Muilenburg mengatakan  kemitraan akan menandai salah satu momen yang menentukan dalam sejarah panjang Boeing di bidang kedirgantaraan.

Selain kesepakatan jet penumpang, Boeing dan Embraer akan memperdalam kemitraan penjualan dan jasa pada jet kargo militer KC-390 baru melalui usaha pertahanan terpisah yang kemungkinan akan menerima investasi bersama.

Perusahaan itu mengatakan kepada wartawan  mereka akan berkolaborasi pada generasi-generasi berikutnya atau modifikasi pada platform KC-390 serta kesepakatan bersama untuk mengelola rantai pasokan di sisi militer dan komersial, sambil memberikan akses Embraer ke lebih banyak pasar.

Kesepakatan itu akan memungkinkan perusahaan untuk pergi ke pelanggan dengan kombinasi layanan armada antara single-lorong 737 MAX  dan E2 keluarga Embraer,  kata perusahaan.

"Tim kami bekerja sama dengan mulus," kata Muilenburg.

Airbus-Bombardier

Airbus SE (EPA: AIR) dan Bombardier Inc. (TSX: BBD.B)  sebelumnya sduah menjadi mitra dalam program pesawat C Series. Perjanjian  ditandatangani tahun lalu. Perjanjian ini menyatukan jangkauan dan skala global Airbus dengan keluarga pesawat jet terbaru Bombardier, yang memposisikan kedua mitra untuk sepenuhnya membuka kunci platform Seri C dan menciptakan nilai baru yang signifikan bagi pelanggan, pemasok, karyawan dan pemegang saham.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Airbus akan menyediakan pengadaan, penjualan dan pemasaran, dan keahlian dukungan pelanggan kepada C Series Aircraft Limited Partnership (CSALP), entitas yang memproduksi dan menjual Seri C. Pada penutupan, Airbus akan mengakuisisi 50,01% kepemilikan di CSALP. Bombardier dan Investissement Québec (IQ) akan memiliki sekitar 31% dan 19% masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper