Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

2 Insinyur Diculik, NOC Kurangi Produksi Minyak 160.000 bpd

Produksi di ladang minyak raksasa Libia Sharara Oil diperkirakan turun setidaknya 160.000 bpd setelah dua staf diculik dalam serangan oleh kelompok yang tidak dikenal.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 15 Juli 2018  |  02:48 WIB
2 Insinyur Diculik, NOC Kurangi Produksi Minyak 160.000 bpd
Ladang minyak El Sharara di padang pasir Murzuq, Libia. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Produksi di ladang minyak raksasa Libia El Sharara Oil diperkirakan turun setidaknya 160.000 barel per hari (bpd) setelah dua staf diculik dalam serangan oleh kelompok yang tidak dikenal, ungkap National Oil Corporation (NOC) Sabtu (14/7/2018).

Serangan itu terjadi di sebuah stasiun kontrol di pinggiran El Sharara, sekitar 40 km (25 mil) dari bagian utama lapangan, para insinyur di lapangan mengatakan. Salah satu pekerja yang diculik adalah orang Rumania.

NOC mengatakan pihaknya memperkirakan produksi akan turun 160.000 bpd. Seorang insinyur mengatakan produksi di lapangan, yang telah memproduksi 200.000-300.000 bpd baru-baru ini, telah turun hingga di bawah 100.000 bpd.

Perusahaan yang berbasis di Tripoli, ibu kota Libia, mengoperasikan El Sharara menjalin kemitraan dengan Repsol, Total, OMV dan Equinor, yang sebelumnya dikenal sebagai Statoil.

Ladang tersebut, di barat daya terpencil Libia di padang pasir Murzuq, telah mengalami masalah keamanan pada masa lalu, termasuk penggerebekan di mana kendaraan dan ponsel dicuri. Fasilitas yang ditargetkan pada Sabtu itu adalah Station 186 yang juga diserang tahun lalu.

NOC mengatakan penyerang bersenjata tidak dikenal memasuki stasiun pukul 06.30 Sabtu waktu setempat. "Empat dari staf stasiun awalnya diculik, tetapi 2 dari mereka telah dibebaskan. Sumur minyak di sekitarnya telah ditutup sebagai tindakan pencegahan dan semua pekerja lainnya dievakuasi."

Selain menjadi salah satu nilai ekspor utama Libia, El Sharara memasok kilang minyak Zawiya 120.000 bpd di pantai barat laut negara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

minyak libya

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top