Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILPRES 2019: Utak-Atik Cawapres Jokowi, AHY atau yang Ini Nih…

Jokowi dan Airlangga Hartarto/Bisnis
Jokowi dan Airlangga Hartarto/Bisnis

3. JOKOWI - Airlangga

Berdasarkan hasil survei Cyrus Network yang dirilis di Jakarta, Kamis (19/4/2018), survei calon yang paling cocok disandingkan sebagai calon wakil presiden untuk Jokowi:

1. Agus Harimurti 15,0% ...

16. Airlangga Hartarto 0,1%

Lingkaran survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei tentang Cawapres terpopuler yang akan mendampingi Jokowi jelang Pilpres 2019. "Dari nama yang disodorkan ke responden, dipilih nama Ketum Golkar. Airlangga Hartarto menjadi pilihan teratas 35,70,%," kata Peneliti LSI, Adjie Alfaraby, Selasa (10/7).

"Dengan hasil ini, kandidat kuat Cawapres ideal untuk Jokowi dari kalangan parpol adalah Airlangga Hartarto," tegas Adjie. Survei dilakukan pada 27 Juni-5 Juli 2018, dengan jumlah responden 1.200 orang dan menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,9%..

Hasil survei yang dirilis Indo Barometer di Jakarta, Kamis (15/2), survei yang dilaksanakan pada 23 – 30 Januari 2018 di seluruh provinsi di Indonesia dan jumlah sampel 1.200 responden dengan margin of error sebesar ± 2.83% pada tingkat kepercayaan 95% dengan metode multistage random sampling.

Hasil survei menunjukkan 11 variasi simulasi, yakni Joko Widodo (Jokowi) dipasangkan dengan 11 tokoh berbeda dan Prabowo selalu dipasangkan dengan Anies Baswedan.

Dari 11 tokoh yang dipasangkan dengan Jokowi, tingkat elektabilitas Jokowi-AHY tertinggi dan elektabilitas terendah bila Jokowi dipasangkan dengan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto.  Jokowi-AHY  meraup  38,6%, sedangkan Jokowi-Airlangga  33,4%.

Dalam survei Indo Barometer periode 15-22 April 2018, Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin jadi calon wakil presiden (cawapres) dari unsur parpol koalisi pendukung pemerintah paling bisa kerek elektabilitas Joko Widodo (Jokowi) dalam survei Indo Barometer periode 15-22 April 2018.

Dalam simulai Jokowi-Pimpinan Parpol melawan Prabowo-Anies Baswedan, pasangan Jokowi-Muhaimin mendapatkan elektabilitas 47,8%. Sementara, Prabowo-Anies mendapatkan 21,4%.

"Harus disayangkan, pasangan Jokowi dan Pak Airlangga, di urutan kedua dengan 46,1%," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, Qodari, di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (22/5/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
2. JOKOWI - AHY
Halaman Selanjutnya
4.JOKOWI - MUHAIMIN ISKANDAR
Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper