Terjebak Hampir 3 Pekan, Anggota Tim Sepak Bola Thailand Minta Roti Cokelat

Kedelapan anggota klub sepak bola yang sudah dievakuasi dari Gua Tham Luang, Chiang Rai, Thailand berada dalam kondisi relatif sehat meski masih dalam karantina di rumah sakit.
Annisa Margrit | 10 Juli 2018 12:08 WIB
Anggota klub sepak bola yang terjebak di Gua Tham Luang, Thailand dipindahkan dari helikopter ke ambulans di bandara militer Chiang Rai, Thailand, Senin (9/7). - Reuters/Athit Perawongmetha

Bisnis.com, JAKARTA -- Kedelapan anggota klub sepak bola yang sudah dievakuasi dari Gua Tham Luang, Chiang Rai, Thailand berada dalam kondisi relatif sehat meski masih dalam karantina di rumah sakit.

Menteri Kesehatan Thailand Jesada Chokedamrongsuk mengungkapkan 2 di antara 8 anak tersebut diduga mengalami infeksi paru-paru. Namun, secara keseluruhan mereka dalam kondisi kesehatan yang cukup baik.

Diet yang diberikan dokter adalah makanan lembut yang mudah dicerna. Namun, tim dokter akhirnya mengalah setelah beberapa anak meminta roti cokelat.

"Mereka adalah pemain sepak bola, kuat dan punya kekebalan tubuh yang tinggi," ujarnya dalam sebuah konferensi pers seperti dilansir Reuters, Selasa (10/7/2018).

Namun, mereka masih dikarantina dan belum boleh bertemu keluarganya karena khawatir masih ada risiko infeksi. Mereka diperkirakan masih harus berada di rumah sakit selama sepekan ke depan untuk menjalani berbagai tes.

Dalam operasi penyelamatan yang sudah dimulai pada Minggu (8/7), dari 13 orang yang terjebak sebanyak 8 di antaranya telah dievakuasi. Masih ada 5 orang lainnya, terdiri dari 4 anak dan 1 orang dewasa yakni pelatih tim sepak bola tersebut.

Kepala operasi penyelamatan Narongsak Osottanakorn mengungkapkan pada operasi hari kedua, Senin (9/7), tim penyelamat berhasil mempercepat proses penyelamatan hingga dua jam lebih cepat dari operasi hari sebelumnya.

Tim penyelam, yang biasanya membutuhkan waktu 11 jam bolak balik, sudah belajar dari pengalaman hari sebelumnya.

Dia melanjutkan kelima orang yang masih terjebak akan dievakuasi seluruhnya dalam operasi hari ketiga ini. Operasi hari ini sudah dimulai dan melibatkan 19 penyelam gua profesional.

Seperti diketahui, mereka yang terperangkap di gua ini adalah anggota klub sepak bola Moo Pa, terdiri dari 12 remaja berusia 11-16 tahun dan seorang pelatih berusia 25 tahun. Mereka sudah terjebak sejak Sabtu (23/6) dan ditemukan sembilan hari kemudian. 

Tim penyelamat tidak hanya terdiri dari tentara dan relawan Thailand, tapi juga penyelam gua dari Inggris serta tentara Australia dan sejumlah negara lain. 

Sumber : Reuters

Tag : thailand
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top