Rayakan Hari Keluarga Nasional, Ini Pesan Frisian Flag Untuk Keluarga Indonesia

Selama lebih dari 95 tahun, Frisian Flag Indonesia (FFI) terus mengajak keluarga Indonesia untuk membangun generasi keluarga kuat lewat berbagai inisiatif dan pesan kreatif yang terangkum dalam pesan kearifan keluarga.
Maftuh Ihsan | 29 Juni 2018 17:08 WIB
Ilustrasi orangtua dan anak - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Selama lebih dari 95 tahun, Frisian Flag Indonesia (FFI) terus mengajak keluarga Indonesia untuk membangun generasi keluarga kuat lewat berbagai inisiatif dan pesan kreatif yang terangkum dalam pesan kearifan keluarga.

Pada tahun ini, dalam menyambut Hari Keluarga Nasional yang jatuh pada 29 Juni setiap tahun, FFI mengusung semangat resiliensi baik secara fisik dan mental untuk membangun keluarga kuat di era moderen yang siap menghadapi kondisi dalam berbagai fase ke-hidupan.

“FFI mendukung para keluarga untuk menjadi keluarga kuat yang mampu menghadapi berbagai tantangan. Semangat ini juga sejalan dengan semangat Hari Keluarga Nasional yang digagas oleh pemerintah,” ujar Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis, Jumat (29/6/2018).

Resiliensi sering diartikan sebagai ketahanan untuk mengatasi kesulitan atau untuk berkembang meskipun menghadapi tantangan dan kesulitan. Semangat resiliensi dijadikan nilai keluarga yang dapat diturunkan dari generasi ke generasi.

Dalam membangun resiliensi, orang tua perlu membangun karakteristik perilaku positif dalam diri anak-anak. Karakteristik perilaku yang positif meliputi tradisi kebersamaan, bertukar informasi yang komunikatif dan kooperatif hingga membiasakan anak untuk hidup aktif dan sehat.

Mengutip dalam salah satu publikasi American Psychological Association tentang resiliensi pada anak, Psikolog Keluarga Retno Dewanti Purba mengatakan bahwa mengembangkan keterampilan resiliensi adalah sebuah perjalanan personal.

“Orang tua harus memastikan adanya hubungan yang suportif antara anak dan orang dewasa (significant others). Bagi anak-anak tentu tak selalu mudah untuk berani menghadapi masalah, mencari jalan keluar dan bangkit kembali,” ujar Retno.

Orang tua juga diharapkan dapat membangun generasi resiliensi yang sehat dan aktif lewat penerapan nilai dan kebiasaan baik yang ditanamkan secara konsisten. Aktivitas minum susu dan olahraga yang dilakukan secara bersama dapat menjadi solusi praktis dalam menanamkan budaya dan kebiasaan baik.

“Mental yang kuat tentu harus didukung oleh tubuh yang kuat. Gaya hidup sehat dan aktif pada anak-anak merupakan bagian dari edukasi publik melalui kampanye “Drink. Move. Be Strong” yang kami gelar sejak 2013,” ujar Yeni Novianti, Sr. Nutritionist & Activation Manager Frisian Flag Indonesia.

Tag : frisian flag
Editor : Maftuh Ihsan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top