Mahathir Mohamad Bertemu Sahabatnya, Tanri Abeng

Setelah selesai melakukan kegiatan kenegaraan di Bogor, lawatan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad dilanjutkan ke Hotel Grand Hyatt, Jakarta. Di sana dia bertemu dengan sahabat lamanya, Tanri Abeng.
Rinaldi Mohammad Azka | 29 Juni 2018 16:20 WIB
PM Malaysia Mahathir Mohamad menghadiri pertemuan terbatas dengan beberapa tokoh penting Indonesia di Jakarta, Jumat (29/6). Kunjungan ini merupakan kunjungan pertamanya keluar negeri sejak menjabat pada 10 Mei 2018. - JIBI/ Dwi Nicken Tari

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah selesai melakukan kegiatan kenegaraan di Bogor, lawatan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad dilanjutkan ke Hotel Grand Hyatt, Jakarta. Di sana dia bertemu dengan sahabat lamanya, Tanri Abeng.

Tanri Abeng merupakan pebisnis sukses yang pada masa pemerintahan Soeharto dan Habibie ditunjuk sebagai Menteri BUMN pertama. Pada masanya, ia bersama Presiden Habibie berhasil memperkuat nilai tukar rupiah ke level Rp7.000 setelah mengalami pelemahan luar biasa saat krisis ekonomi 1998.

Tanri dan Mahathir merupakan sahabat lama, menurut pengakuan Tanri kepada Bisnis, dia dan Mahathir pernah beberapa kali bermain golf bersama.

Kini, Tanri Abeng dipercaya sebagai Ketua Indonesia-Malaysia Business Council (IMBC). Mahathir pun dalam lawatannya ke Indonesia kali ini bertemu dengan sahabatnya untuk membahas perdagangan antara kedua negara.

Dalam keterangan pers, Tanri mengungkapkan pertemuan ini diharapkan memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara.

"Tujuan utama pertemuan hari ini adalah membahas peningkatan perdagangan dan investasi kedua negara, meliputi yang tengah berjalan serta aliansi kedua negara untuk perdagangan," ungkapnya, Kamis (29/6/2018).

Pada pertemuan kali ini, Tanri juga mengundang beberapa pengusaha Indonesia sehingga pembicaraan mereka dapat langsung mengacu pada kondisi riil di lapangan.

Sebagai mana diketahui, hubungan diplomatik kedua negara cukup erat dimana nilai total perdagangan kedua negara pada 2017 mencapai Rp255,9 triliun, naik 22%. Nilai ini menjadikan Indonesia sebagai rekan dagang terbesar ketujuh dengan Malaysia.

Tag : mahathir mohamad
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top