Putri Eugenie Susul Meghan Markle Menikah Tahun Ini, Simak Dimana dan Berapa Biaya Pernikahannya

Satu lagi anggota Kerajaan Inggris yang melepas lajangnya tahun ini. Menyusul ikatan suci antara Pangeran Harry dan Meghan Markle, Putri Eugenie akan mengucapkan janji sehidup semati dengan tunangannya, Jack Brooksbank.
Renat Sofie Andriani | 28 Juni 2018 10:39 WIB
Putri Eugenie - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Satu lagi anggota Kerajaan Inggris yang melepas status lajangnya tahun ini. Menyusul ikatan suci antara Pangeran Harry dan Meghan Markle, Putri Eugenie akan mengucapkan janji sehidup semati dengan tunangannya, Jack Brooksbank.

Putri bungsu Pangeran Andrew, Duke of York, dan Sarah Ferguson, sekaligus cucu keenam Ratu Elizabeth II ini mengumumkan pertunangannya dengan Brooksbank pada Januari tahun ini setelah berpacaran selama sekitar tujuh tahun.

Berikut beberapa detil tentang rencana pernikahan pasangan tersebut:

Berlangsung pada 12 Oktober 2018

Ketika Istana Buckingham mengumumkan berita pertunangan Putri Eugenie, disebutkan bahwa pernikahannya akan berlangsung musim gugur tahun ini. Kemudian pada bulan Februari, Pangeran Andrew mengungkapkan tanggal persis upacara pernikahan.

Digelar di Kapel St. George

Dilansir dari Harper’s Bazaar, seperti halnya Pangeran Harry dan Meghan Markle, upacara pernikahan Putri Eugenie akan digelar di Kapel St. George, Kastil Windsor.

Banyak yang mungkin mengaitkan pernikahan anggota keluarga kerajaan dengan Westminster Abbey, tetapi Kapel St. George telah beberapa kali menjadi tempat pilihan sejak Raja Edward VII menikahi Putri Alexandra dari Denmark pada tahun 1863.

Kapel ini juga menjadi saksi pernikahan Peter Philipps (sepupu Eugenie) dan Autumn Kelly pada tahun 2008, Pangeran Edward (paman Eugenie) dan Sophie Rhys-Jones pada tahun 1999, serta Pangeran Charles dan Camilla Parker Bowles pada tahun 2005.

Mengenakan tiara York

Pada pernikahannya nanti, Putri Eugenie dikabarkan akan mengenakan tiara yang dikenakan sang Ibu, Sarah Ferguson saat menikah dengan Pangeran Andrew pada tahun 1986.

"Secara tradisional ketika pengantin wanita menikah, mereka biasanya mengenakan tiara keluarga yang dalam hal ini adalah Tiara York,” kata pakar kerajaan Grant Harrold, kepada The Daily Mail.

Tiara tersebut merupakan koleksi perhiasan Mayfair Gerrard & Co., yang terdiri dari aksen daun-daun bertatahkan berlian, seperti dilaporkan The Express. Tiara ini akan menjadi sesuatu yang elegan untuk Eugenie.

Biaya pernikahan jauh lebih kecil

Dilansir dari Brides, Pangeran Andrew dan Sarah Ferguson kemungkinan besar akan berbagi biaya pernikahan putri mereka dengan keluarga mempelai laki-laki.

Biaya pernikahan Putri Eugenie diperkirakan akan jauh kecil dibandingkan dengan biaya yang dihabiskan untuk hari besar Harry dan Meghan. Town & Country memperkirakan pernikahan Putri Eugenie hanya akan menelan biaya antara US$500.000-US$1 juta.

Bandingkan dengan biaya pernikahan Harry dan Meghan yang ditaksir mencapai sekitar US$45 juta. Perbedaan biaya yang signifikan dikarenakan sebagian besar alokasi diperuntukkan keamanan saat itu yang mencapai sekitar £20 juta, menurut Express.

Namun, Express memprediksi bahwa jumlah kerumunan masyarakat yang berbondong-bondong pergi untuk pernikahan Eugenie nanti tidak akan sebanyak jumlah yang datang saat Harry menikah. Dengan demikian, kebutuhan dan biaya untuk pasukan keamanan pun berkurang.

Deretan public figure hadir

Bukan berarti minimnya biaya akan mengurangi prestise pernikahan itu nanti. Putri Eugenie, yang dikenal berkelas dan memiliki gayanya sendiri, diperkirakan akan mengundang sederet public figure, di antaranya penyanyi Ellie Goulding dan top model Cara Delevigne.

Upacara pernikahan Oktober nanti pun pastinya akan kembali menyedot perhatian awak media dan masyarakat dunia.

Tag : kerajaan inggris
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top