Arus Mudik Dari Jakarta ke Jabar dan Jateng Meningkat 30%

Kepolisian mengungkapkan telah terjadi peningkatan arus mudik dari arah Jakarta ke Jawa Barat dan Jawa Tengah sebesar 30% melalui jalan tol.
Sholahuddin Al Ayyubi | 09 Juni 2018 20:45 WIB
Ribuan kendaraan melewati ruas Tol Dalam Kota, di Jakarta, Jumat (8/6/2018). - ANTARA/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - Kepolisian mengungkapkan telah terjadi peningkatan arus mudik dari arah Jakarta ke Jawa Barat dan Jawa Tengah sebesar 30% melalui jalan tol.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri, Brigjen Muhammad Iqbal mengatakan penambahan jumlah pemudik dari Jakarta ke Jawa Barat dan Jawa Tengah sebesar 30% telah membuat perlambatan arus pada jalur tol dan jalur alteri atau jalur fungsional lainnya. Selain itu, menurut Iqbal, banyaknya kendaraan beray yang masih beroperasi juga turut membuat jalur tersebut macet total.

"Jadi memang terjadi peningkatan arus mudik sekitar 30% dari DKI Jakarta ke arah Jawa Barat dan Jawa Tengah," tuturnya, Sabtu (9/5).

Iqbal menjelaskan kemacetan pada jalur tersebut juga disebabkan minimnya sarana dan prasarana pada jalur fungsional yang digunakan sepanjang arus mudik. Menurutnya, Kepolisian akan terus melakukan pengawasan pada setiap titik kemacetan agar arus lalu lintas lancar.

"Masih minimnya sarana prasarana rambu pada jalur tol fungsional yang dipakai pada kegiatan arus mudik," katanya.

Tag : Mudik Lebaran 2018
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top