Jelang Asian Games, Sumsel Berkeras Upayakan Cegah Karhutla

Sebanyak 1.001 spanduk disebar di Kabupaten Ogan Komering Ilir untuk mengajak masyarakat agar tidak membakar lahan terutama dalam membuka perkebunan dan pertanian.
Newswire | 31 Mei 2018 23:41 WIB
Simulasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan. - Antara/Rony Muharrman

Bisnis.com, KAYUAGUNG - Sebanyak 1.001 spanduk disebar di Kabupaten Ogan Komering Ilir untuk mengajak masyarakat agar tidak membakar lahan terutama dalam membuka perkebunan dan pertanian.

Ajakan melalui spanduk itu sebagai upaya untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta kebun, kata Kapolres Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, AKBP Ade Harianto saat meninjau lokasi rawan kebakaran di Desa Kedaton, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumsel, Kamis (31/5/2018).

Menurut dia, spanduk yang mengajak masyarakat untuk tidak membakar lahan saat membuka kebun itu karena kabupaten tersebut rawan kebakaran.

Peninjauan sendiri dikoordinir Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada acara kunjungan jurnalis mengenai kesiapan pencegahan kebakaran hutan dan lahan dalam menghadapi Asian Games 2018.

Lebih lanjut dia mengatakan spanduk antara lain bertuliskan supaya tidak membakar dan membuang potong rokok sebarangan itu disebar di wilayah rawan kebakaran.

Ajakan kepada masyarakat itu sebagai bentuk sosialisasi agar Sumsel tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan serta kebun.

Apalagi Kabupaten Ogan Komering Ilir banyak lahan gambut dan bila terbakar sulit untuk dipadamkan.

Menurut dia, sosialisasi tersebut agar masyarakat memiliki kesadaran terhadap pentingnya pelestarian lingkungan.

Bila terbukti masyarakat membakar hutan, hukumannya cukup berat sehingga pihaknya rutin melaksanakan sosialisasi.

Sementara Kepala Manggala Agni Daops Ogan Komering Ilir Tri Prayogi mengatakan, lahan gambut di daerah ini cukup luas sehingga harus dijaga supaya tidak terbakar.

Sumber : Antara

Tag : kebakaran lahan, Asian Games 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top