Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SBY Minta Aparat Diberi Waktu Temukan Dalang Teror Bom Surabaya

SBY mengajak seluruh pihak memberikan kesempatan kepada aparat penegak hukum untuk menemukan dalang aksi teror bom di Surabaya, Minggu (13/5/2018).
Petugas polisi forensik memeriksa lokasi ledakan bom di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya pada Minggu (13/5/2018)./Reuters-Beawiharta
Petugas polisi forensik memeriksa lokasi ledakan bom di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya pada Minggu (13/5/2018)./Reuters-Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrat sekaligus Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono mengajak seluruh pihak memberikan kesempatan kepada aparat penegak hukum untuk menemukan dalang aksi teror yang terjadi di sejumlah tempat di Surabaya, Minggu (13/5/2018).

"Saat ini jangan salah-menyalahkan, dan saya kira tidak perlu ada komentar-komentar yang tidak semestinya. Mari beri kesempatan kepada aparat keamanan dan penegak hukum untuk mencari dan menemukan perancang-perancang, dalang dan penggerak dari serangan para teroris ini," ujar SBY dalam video yang dikirimkan Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat Imelda Sari, di Jakarta, Minggu malam (13/5/2018).

SBY mengatakan pekan ini adalah pekan yang berat bagi bangsa Indonesia, karena beberapa hari lalu terjadi musibah dan aksi kekerasan di Mako Brimob, kemudian pada Minggu pagi terjadi kembali serangan para teroris di Surabaya.

Dia menyatakan ikut mengutuk aksi-aksi para teroris itu yang mengakibatkan jatuhnya banyak korban, di antaranya umat Kristiani yang sedang menjalankan ibadah keagamaan di Surabaya.

SBY menegaskan aksi terorisme apapun dalihnya dan atas nama apapun tidak pernah dibenarkan, oleh karena itu dia mengimbau bangsa Indonesia untuk bersatu melawan dan mengalahkan aksi terorisme tersebut.

"Saya juga mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada para keluarga yang kehilangan mereka-mereka yang sangat disayanginya, dengan harapan agar tetap tabah menerima ujian dan cobaan Tuhan ini," jelasnya.

SBY bersama Partai Demorkat mengajak seluruh komponen bangsa untuk mendukung dan membantu negara serta pemerintah untuk menegakkan hukum dengan seadil-adilnya dengan cara membawa pelaku kejahatan tersebut ke meja hijau dan mendapatkan sanksi hukum setimpal.

Dia mengatakan ke depan, negara, pemerintah dan aparat keamanan mesti menjamin dan memberikan perlindungan kepada warga negara Indonesia dan masyarakat untuk bisa tinggal, hidup, dan bekerja dengan aman di Tanah Airnya, termasuk kepada seluruh warga negara yang menjalankan ibadah keagamaan di mana pun ibadah itu dilakukan.

"Satu hal yang ingin saya sampaikan adalah ini pengalaman yang amat berharga, pelajaran yang dapat kita petik, negara dalam menghadapi terorisme harus selalu waspada dan tidak boleh lengah, dalam kaitan ini peran dari aparat intelijen kepolisian dan komando terorial TNI amat penting," ujar SBY.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper