Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jadwal HUT DKI Jakarta Mundur

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadwalkan ulang perayaan Hari Ulang Tahun Ibu Kota ke-491.
Regi Yanuar Widhia Dinnata
Regi Yanuar Widhia Dinnata - Bisnis.com 04 Mei 2018  |  23:07 WIB
Jadwal HUT DKI Jakarta Mundur
Foto udara Pulau Tidung, gugusan Kepulauan Seribu, di perairan Laut Jawa, Jakarta, Senin (24/4). - Antara/Iggoy el Fitra

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadwalkan ulang perayaan Hari Ulang Tahun Ibu Kota ke-491.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta awalnya merencanakan pencanangan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-491 Kota Jakarta dilaksanakan pada 6 Mei 2018, bertempat di Pulau Tidung, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Namun, pada hari tersebut, akan berlangsung pula perlombaan Tidung Aquathlon 2018, yang digagas oleh Komunitas Jakarta Berlari.

Adapun untuk menjamin ketertiban setiap acara ini kegiatan yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta tidak akan digabung dengan kegiatan non-Pemprov DKI Jakarta. Oleh karena itu, Pencanangan HUT ke-491 Kota Jakarta diundur pelaksanaannya yakni pada Rabu, 9 Mei 2018.

“Pelaksanaan pencanangan yang semula pada 6 Mei 2018 diundur menjadi 9 Mei 2018. Pelaksanaan pencanangan di tingkat Kota Administrasi juga serentak diundur, menyesuaikan pencanangan tingkat Provinsi. Namun, pelaksanaan Aquathlon tetap sesuai jadwal, yakni pada 5-6 Mei 2018,” kata Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, dalam siaran pers, Jumat (4/5/2018).

Seperti diketahui, untuk pertama kalinya Kepulauan Seribu menjadi lokasi pencanangan HUT DKI Jakarta. Pencanangan kali ini pun menjadi ajang untuk meningkatkan sektor pariwisata di Kepulauan Seribu sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) yang ditetapkan oleh Pemerintah. HUT Ke- 491 Kota Jakarta mengambil tema Adil, Maju dan Bahagia yang sesuai dengan visi misi Pemprov DKI Jakarta.

Demi menyokong distribusi bahan pangan bagi warga Kepulauan Seribu, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan penggunaan kapal pengangkut barang bagi warga kawasan tersebut. Hal ini bertujuan untuk distribusi bahan pangan di Kabupaten Kepulauan Seribu dapat berjalan lancar serta harga pangan stabil dan tidak berbeda dengan harga pangan di darat terutama dalam menghadapi bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Selain itu, pencanangan HUT Ke-491 Kota Jakarta juga ditandai dengan peresmian SMKN 61 untuk mewujudkan peningkatan pendidikan kejuruan, terutama bidang Kelautan Terpadu, Bisnis dan Manajemen bagi warga Kabupaten Kepulauan Seribu.

Pencanangan juga dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Kota Administrasi DKI Jakarta, dengan lokasi sebagai berikut.
a. Jakarta Pusat: RPTRA Madu sela Kelurahan Mangga Dua Selatan
b. Jakarta Barat: Jl. Tomang Raya – depan JNE
c. Jakarta Utara: Sisi Timur Danau Sunter
d. Jakarta Selatan: Taman Tabebuya Jagakarsa
e. Jakarta Timur: Kawasan Banjir Kanal Timur

Sementara itu, Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Sandiaga Uno menggandeng Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti untuk memeriahkan kegiatan ini, dengan kembali melakukan adu cepat antara Wagub Sandiaga (renang) dengan Menteri Susi (paddling), pada Sabtu (5/5/2018).

Sandi juga turut menjadi peserta dalam perlombaan Tidung Aquathlon 2018. Tidung Aquathlon 2018 meliputi perlombaan lari 10 kilometer dan berenang sejauh 750 meter yang diselenggarakan pada Minggu pagi (6/5/2018). Pembukaan Tidung Aquathlon 2018 ditandai dengan pelepasan tukik, penanaman bibit bakau, benih ikan, dan grebek sampah pantai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pulau tidung
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top