Karyawan Freeport Indonesia Asal Afsel Diberondong Tembakan OTK

Karyawan Freeport Indonesia Asal Afsel Diberondong Tembakan OTK
Newswire | 27 April 2018 15:52 WIB
Area tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang karyawan ekspatriat PT Freeport Indonesia yang berkebangsaan Afrika Selatan diberondong peluru oleh orang tak dikenal (OTK) di mile 66 area perumahan Hidden Valley, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Jumat sekitar pukul 07.40 WIT.

Morne Francis Ras, WNA Afrika Selatan, karyawan Technical Advisor Safety HighLand, Alamat 1025-B Hidden Valley mile 66 itu diberondong peluru ketika ia hendak berjalan menuju kendaraan LWB No 01.5222 yang terparkir di depan rumahnya.

Saat berada di samping kendaraanya yakni LWB No 01.5222 dan belum masuk ke dalam kendaraanya, tiba-tiba ia diberondong peluru oleh OTK, sekitar delapan sampai 10 kali tembakan.

Untungnya tak satupun peluru OTK itu mengenai tubuh Morne Francis.

Seorang saksi, Craig Eugene Johnson, Karyawan Mine UG, alamat 1020B Hidden Valley, menerangkan bahwa pada saat saksi keluar dari rumahnya di 1020B Hidden Valley tiba tiba mendengar suara tembakan dan terkena di kendaraan LWB 01.5222.

Ia melihat Morne Francis Ras sedang tiarap di samping kanan kendaraanya.

Tak lama berselang, Pukul 07.50 WIT pihak Safety dan Ambulance serta Pihak Aparat telah berada di lokasi kejadian, selanjutnya dilakukan pengejaran dan penyisiran di sekitar lokasi kejadian.

Pihak perusahaan membunyikan alarm kota Tembagapura dan Hidden Valley pukul 08.24 WIT yang menandakan bahwa seluruh karyawan untuk tenang dan tetap berada di kantor masing masing dan untuk keluarga agar tetap tenang dan berada di rumah masing masing Morne Francis Ras beserta keluarganya dibawa ke rumah sakit Tembagapura pukul 08.50 WIT untuk mendapat terapi psikiater karena keluarga Sdr. Morne Francis Ras dalam kondisi trauma.

Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto ketika dikonfirmasi terkait perisitiwa tersebut membenarkan terkait peristiwa tersebut. Ia juga mengatakan bahwa tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa penembakan tersebut.

"Dalam aksi penembakan tersebut tidak ada korban luka namun kendaraan 01.5222 mengalami kerusakan akibat tembakan dimana pada bagian kap depan terkena satu tembakan, Kaca Spion Kanan terkena saru tembakan, bodi samping kanan terkena dua kali tembakan," ujarnya.

Hingga pukul 10.00 WIT pihak aparat keamanan masih melakukan pengejaran dan penyisiran di area hutan belakang area perumahan hidden valley mile 66.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Freeport

Sumber : Antara
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top