Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NAFTA Optimistis Capai Kesepakatan

Meksiko, Kanada, dan Amerika Serikat memperlihatkan kemajuan dalam pembicaraan untuk merevisi Pakta Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA). Namun, Menteri Luar Negeri Kanada, Chrystia Freeland mengungkapkan masih banyak yang harus dikerjakan.

Kabar24.com, JAKARTA – Meksiko, Kanada, dan Amerika Serikat memperlihatkan kemajuan dalam pembicaraan untuk merevisi Pakta Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA). Namun, Menteri Luar Negeri Kanada, Chrystia Freeland mengungkapkan masih banyak yang harus dikerjakan.

Freeland akan berangkat ke Washington pada Kamis (5/4/2018) untuk bertemu dengan Kepala Perwakilan Perdagangan AS (USTR) Robert Lighthizer, yang ingin mencapai kesepakatan terencana sebelum pemilu presiden di Meksiko pada 1 Juli 2018.

“Kami telah membuat kemajuan yang berarti untuk NAFTA, tapi belum selesai,” ujar Freeland di depan para pebisnis eksekutif di Winnipeg, Kanada, seperti dilansir Reuters pada Kamis (5/4/2018).

Adapun berdasarkan sumber Bloomberg, ketiga negara mitra perdagangan bebas NAFTA tersebut bakal mengumumkan gambaran kesepakatan untuk isu utama seperti konten otomotif pada pertengahan bulan ini.

Sebelumnya, AS telah mengajukan kenaikan permintaaan konten otomotif yang dibuat di negara-negara NAFTA menjadi 62,5%. Namun, seorang pejabat Meksiko yang enggan disebutkan identitasnya, mengungkapkan bahwa AS mulai melunak terkait permintaannya tersebut.

Sementara itu, isu-isu lain yang mengikutinya akan diselesaikan setelahnya. Hingga kini, hanya terdapat enam dari 30 bagian dalam pakta itu yang telah terselesaikan.

 Pejabat Kanada yang mengerti jalannya diskusi menilai, ketiga negara mitra ini akan kesulitan jika ingin memfinalisasi 24 bagian lainnya dalam waktu dua pekan ini.

“Ada kemungkinan mereka akan mengadakan kesepakatan simbolis dengan memberikan sinyal bahwa kesepakatan untuk lima atau enam bagian telah tercapai,” ujar narasumber anonim tersebut.

Adapun, para kepala perundingan akan berkumpul di Washington pekan depan, namun mereka belum memberikan sinyal untuk waktu pembicaraan putaran kedelapan. Pembicaraan mengenai modernisasi pakta perjanjian ini telah dimulai sejak Agustus 2017.

Penasihat Utama Presiden Trump, Larry Kudlow, memperkirakan pada Kamis (5/3/2018) ini akan muncul berita baik dari NAFTA, “menurut saya, pasar saham akan menyukainya.”

Senada, Moises Kalach, anggota senior pelobi bisnis CCE, yang mewakili sektor privat Meksiko dalam pembicaraan NAFTA, mengatakan harapannya bahwa ada kemajuan dalam pembicaraan ini meskipun para menteri belum mencapai kesepakatan formal.

“[AS] tampak terburu-buru daripada sebelumnya, pintu kesepakatan mulai terbuka dalam beberapa pekan ini,” ujar Kalach.

Menteri Perekonomian Ildefonso Guajardo dan Menteri Luar Negeri Meksiko Luis Videgaray pun telah berunding dengan Lighthizer.

Guajardo dan Videgaray, di dalam pernyataan resmi dari pemerintahan Meksiko menyatakan bahwa mereka “setuju untuk melanjutkan pembicaraan untuk mempercepat kesepakatan untuk bagian yang masih tertunda. Perundingan ini akan tetap dilakukan di level teknikal dengan AS dan Kanada.”

Guajardo menambahkan, kelompok perunding NAFTA telah bertemu beberapa minggu ini untuk mencoba mengecilkan perselisihan mereka. Jika inisisasi kesepakatan NAFTA tercapai dalam waktu dekat, selanjutnya masih membutuhkan waktu yang lama untuk finalisasi rincian teknikalnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper