Utut Resmi Wakili PDIP jadi Wakil Ketua DPR

Anggota Fraksi PDI Perjuangan, Utut Adianto resmi dilantik jadi Wakil Ketua DPR setelah dilakukan prosesi pembacaan sumpah jabatan hari ini, Selasa (20/3).
John Andhi Oktaveri | 20 Maret 2018 20:11 WIB
Ketua DPR Bambang Soesatyo (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Fraksi PDI Perjuangan Utut Adianto Wahyuwidayat (kanan) usai menyampaikan keterangan terkait jabatan Wakil Ketua DPR, di Komplek Parlemen Senayan, Senin (19/3/2018). - Antara/Puspa Perwitasari

Kabar24.com, JAKARTA—Anggota Fraksi PDI Perjuangan, Utut Adianto resmi dilantik jadi Wakil Ketua DPR setelah dilakukan prosesi pembacaan sumpah jabatan hari ini, Selasa (20/3).

Pengangkatan Utut sebagai pimpinan DPR dilakukan dalam Rapat Paripurna di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen. Dipimpina oleh
Wakil Ketua DPR Fadli Zon, pengambilan sumpah secara agama Islam itu dihadiri oleh 259 anggota DPR.

"Dengan telah disetujuinya Undang-Undang No. 2 Tahun 2018 Tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) dan diterima surat DPP PDI-P untuk menetapkan saudara Utut Adianto sebagai Wakil Ketua DPR pada sisa masa jabatan 2014-2019," ujar Fadli Zon.

Pelantikan diawali dengan pengucapan sumpah jabatan dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali. Prosesi itu kmudian diikuti dengan penandatanganan berita acara pembacaan sumpah oleh Utut.

"Saya berjanji memenuhi kewajiban saya debagai wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai peraturan perundang-undangan dan berpedoman pada Pancasila dan UUD RI 1945," ujar grand master catur internasional tersebut.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut hadir pula Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

PDI Perjuangan mendapatkan jatah satu kursi pimpinan DPR dan satu kursi pimpinan MPR setelah UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) berlaku.

Untuk kursi Wakil Ketua MPR, PDIP diwakili oleh Ahmad Basarah. Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto akan dilantik sebagai Wakil Ketua DPR baru dalam sidang paripurna DPR esok hari.
Selain itu, paripurna juga melantik 11 anggota dewan pergantian antarwaktu (PAW).

Pelantikan para anggota baru DPR itu dilakukan oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Sebanyak 11 PAW itu adalah tujuh anggota dari F-PKB, dua dari F-NasDem, dari F-PKS, dan satu F-Hanura. Sedangkan untuk PAW seorang anggota DPR dari PAN masih tertunda karena alsan teknis.

Tag : dpr
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top