Mantan Bintang Sepakbola Brazil Ini Maju Jadi Calon Gubernur

Mantan bintang sepakbola asal Brazil, Romario de Souza, mencalonkan diri menjadi calon gubernur Rio de Janeiro.
Annisa Margrit | 18 Maret 2018 15:19 WIB
Romario de Souza Faria. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Mantan bintang sepakbola asal Brazil, Romario de Souza Faria, mencalonkan diri menjadi calon gubernur Rio de Janeiro.

BBC melansir, Minggu (18/3/2018), Romario menyatakan kampanyenya fokus pada kebijakan penanganan kekerasan di negara bagian tersebut, yang kini juga tengah di ambang kebangkrutan.

Romario akan maju sebagai wakil dari Partai Podemos. Dia banyak mendapat pujian atas upayanya menghapus korupsi di sepakbola Brazil melalui posisinya sebagai senator.

"Di masa yang kacau seperti ini, perubahan sangat diperlukan, sangat mendesak. Rio selalu memiliki masalah keamanan, tapi tidak seperti ini," ungkapnya.

Romario, yang kini berusia 52 tahun, mengakui tidak memiliki pengalaman duduk di posisi penting pemerintahan. Namun, dia menegaskan bakal berupaya melakukan yang terbaik jika akhirnya terpilih.

Di sisi lain, mantan pemain Barcelona itu sedang berada dalam penyelidikan terkait dugaan penggelapan aset untuk menghindari utang.

Romario termasuk dalam skuad Brazil ketika meraih gelar Piala Dunia 1994 di AS. Dia diketahui pensiun dari dunia tersebut pada 2009 dan terakhir bermain untuk klub asal Rio, America.

Romario bukanlah satu-satunya mantan bintang sepakbola yang terjun ke dunia politik. George Weah bisa disebut sebagai yang paling sukses karena mampu terpilih sebagai Presiden Liberia pada akhir 2017. 

Mantan striker AC Milan Andriy Shevchenko pun pernah mencoba peruntungannya di dunia politik Ukraina setelah pensiun pada 2012.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
brazil

Sumber : BBC
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top