Pendaftaran Beasiswa Santri Kuliah di PT Dibuka Hari Ini

Kementerian Agama kembali membuka pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2018 yang akan berlangsung selama sebulan mulai, Kamis (15/3/2018) dan berakhir pada 15 April 2018.
Nurudin Abdullah | 15 Maret 2018 01:07 WIB
Sejumlah santri pondok pesantren. Ilustrasi - JIBI/Wahyu Darmawan

Kabar24.com, JAKARTA-Kementerian Agama (Kemenag) kembali membuka pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2018 yang akan berlangsung selama sebulan, mulai Kamis (15/3/2018) dan berakhir pada 15 April 2018.

Direktorat Jendaral Pendidikan Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, mengatakan bahwa PBSB menjadi salah satu upaya pemerintah melalui Kemenag untuk memperluas akses bagi santri berprestasi agar dapat kuliah di sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia.

“Program PBSB untuk mengapresiasi kontribusi pesantren dalam mengisi kemerdekaan. Apalagi, pesantren sudah menjadi sumber mata air keilmuan sejak abad ke-14, sebelum Belanda menjajah,” katanya, Rabu (14/3/2018). 

Dia dalam situs resmi Kemenag, menjelaskan PBSB telah berlangsung sekitar 10 tahun, dan terbukti para santri tidak kalah dengan siswa lain. Prestasinya di perguruan tinggi cukup gemilang, dan di bidang profesinya seperti dokter, pendidik, teknokrat, dan ahli gizi.

Sementara itu, Kasubdit Pendidikan Pesantren, Dirjen Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag, Basnang Said, sebelumnya mengatakan bahwa para santri agar memantapkan jurusan yang diminati dan sesuai kemampuannya.

“Sebab, dari evaluasi beberapa kegagalan mahasiswa PBSB sebelumnya. Tidak sedikit mahasiswa yang mengundurkan diri dari PBSB setelah merasa tidak mampu mengikuti perkuliahan," katanya.

Adapun perguruan tinggi yang siap menerima santri PBSB 2018 dengan kuota 290 santri adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya, dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Selanjutnya UIN Maulana Malik Imbrahim Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Gunung  Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan UIN Walisongo Semarang.

Kemudian Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Universitas Cendrawasih Jayapura, Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Pendidikan Islam (UPI) Bandung dan Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) Jakarta

Sedangkan jadwal tahapan seleksi PBSB yaitu Masa pendaftaran pada 15 Maret-15 April 20180,  Verifikasi data 16-30 April 2018, Pengumuman tempat seleksi 2 Mei 2018, Pelaksanaan seleksi 14-18 Mei 2018, Penentuan kelulusan 1 Juni 2018, Pengumuman kelulusan pada 4 Juni 2018.

Tag : beasiswa, santri
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top