Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UI Gandeng IBM Buka Kelas Big Data dan Komputasi Kognitif Pertama di Indonesia

Melihat pertumbuhan dalam bidang digital, inovasi dan disrupsi dalam setiap aspek kehidupan saat ini, IBM Indonesia bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk membuka kelas big data dan komputasi kognitif pertama di Indonesia.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh - Bisnis.com 07 Maret 2018  |  15:05 WIB
Suasana kelas big data dan komputasi kognitif pertama di Indonesia yang diselenggarakan sebagai hasil kerja sama Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) dengan IBM Indonesia, Rabu (7/3). - Bisnis/Nur Faizah al Bahriyatul Baqiroh
Suasana kelas big data dan komputasi kognitif pertama di Indonesia yang diselenggarakan sebagai hasil kerja sama Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) dengan IBM Indonesia, Rabu (7/3). - Bisnis/Nur Faizah al Bahriyatul Baqiroh

Bisnis.com, JAKARTA -- Melihat pertumbuhan dalam bidang digital, inovasi dan disrupsi dalam setiap aspek kehidupan saat ini, IBM Indonesia bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk membuka kelas big data dan komputasi kognitif pertama di Indonesia.

Kelas yang sudah dimulai sejak 14 Februari 2018 ini dibuka untuk para mahasiswa UI di semester 6 sebagai kelas pilihan. Para ahli teknologi dan industri dari IBM Indonesia bersama dengan mitra mereka didatangkan untuk menjadi pengajar tamu.

Kelas-kelas dalam mata kuliah ini dihadirkan dalam bentuk diskusi grup yang berbasis studi kasus agar para mahasiswa dapat mengindentifikasi permasalahan nyata yang mungkin ditemui di dunia kerja.

"Mata kuliah ini berawal dari keinginan Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI untuk meningkatkan kompetensi lulusan, sehingga dapat beradaptasi dan berperan dalam dunia ekonomi digital yang saat ini perkembangannya sudah banyak mengubah proses bisnis," ungkap Ketua Departemen Akuntansi FEB UI Ancella A. Hermawan di kampus FEB UI, Depok, Rabu (7/3/2018).

Dia menilai sangat penting untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan kemampuan mengenai analisis data. Mahasiswa diharapkan terdorong untuk memiliki banyak kemampuan yang diperlukan untuk meningkatkan kreativitas di bidang ekonomi dan bisnis.

"Kami berharap mata kuliah ini dapat memberikan pengenalan kepada mahasiswa tentang big data dan komputasi kognitif yang dioptimalisasi oleh berbagai industri ke depan," tambahnya.

Country Manager Global Business Partner IBM Indonesia Novan Adian mengharapkan hal senada. Pihaknya berharap kelas ini dapat menjawab tantangan penyediaan talenta-talenta berkualitas yang bisa memanfaatkan teknologi komputasi kognitif.

Apalagi, temuan IBM dalam Cognitive Advantage Global Market Report mengungkapkan bahwa komputasi kognitif terbukti berpengaruh terhadap hasil bisnis perusahaan dari segi peningkatan pelanggan, peningkatan produktivitas dan efisiensi, serta pertumbuhan bisnis yang lebih cepat.

"Sistem komputasi kognitif merupakan era baru komputasi dan kita telah melihat meningkatnya tuntutan akan teknologi komputasi kognitif di berbagai Industri," terangnya.

Kelas ini diklaim mendapat respons yang positif dan tercatat lebih dari 100 mahasiswa telah mendaftarkan diri. Rencananya, kerja sama antara IBM Indonesia dan FEB UI ini akan berjalan selama lima tahun ke depan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

digital ibm
Editor : Annisa Margrit

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top