Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Negara di Asia Ini Kaji Perkembangan E-commerce Dalam Perhitungan Inflasi

Perkembangan bisnis e-commerce yang semakin pesat membuat pembuat kebijakan sektor ekonomi di sejumlah negara di Asia mempersiapkan para ekonomnya untuk ikut menyertakan bisnis e-commerce dalam mengukur inflasi.

Thailand dan Filipina

Bank Sentral Thailand bekerjasama dengan Kementerian Perdagagan untuk memasukkan harga daring ke dalam indeks harga konsumen. Dana operasional yang lebih rendah di antara para vendor daring, transparansi yang kuat berkontribusi untuk menurunkan teknanan inflasi.

“Efek Amazon ini terdokumentasi dengan baik di AS, tetapi kami juga akan memainkan peran yang substansial dalam menjaga inflasi rendah di Thailan,” kata BoT dalam pernyataan.

Adapun Bangk Sentral Filipina melihat pertumbuhan popularitas e-commerce di Filipina dan bergabung  dengan Otoritas Statistik Filipina menggunakan big data untuk menilai dampak e-commerce.

Berdasarkan pernyataan melalui surat elektronik, tim statistik bank sentral akan melacak data harga, kredit, dan pembayaran perdagangan grosir dan ritel yang melalui transkasi daring.

Bank sentral juga sedang mencari data terkini untuk meningkatkan model sebelumnya, yaitu melihat potensi e-commerce untuk menekan inflasi dengan kemudahan melakukan kemudahan bisnis (ease of doing business) melawan pasar konvensional.

Bank akan mempekerjakan dan meyakinkan staf untuk segera melakukan analisis big data dan data sains.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Sebelumnya
Korsel dan Malaysia
Penulis : Dwi Nicken Tari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper