PILPRES 2019: Elektabilitas Jokowi Lampaui PDIP

Politisi muda PDI Perjuangan Maruarar Sirait mengatakan elektabil Presiden Joko Widodo untuk kembali dicalonkan dalam pemilu presiden pada 2019 melintasi batas partai
Lingga Sukatma Wiangga | 28 Februari 2018 14:29 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde mengunjungi Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta, Senin (26/2/2018). - JIBI/Yodie Hardiyan

Kabar24.com, JAKARTA - Politisi muda PDIP Maruarar Sirait mengatakan elektabilitas Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kembali dicalonkan dalam Pemilu Presiden (Pilpres) pada 2019 melintasi batas partai.

Menurut Maruarar atau Ara, elektabilitas Jokowi melebihi elektabilitas partainya. Seperti diketahui, Jokowi sebagai kader PDIP kembali dicalonkan untuk mengikuti kontestasi pilpres oleh partai berlambang kepala banteng tersebut.

Argumentasi Ara tersebut berlandaskan pada riset dari berbagai lembaga survei. Terbaru, Populi Center merilis elektabilitas PDIP pada Februari mencapai 28,6% dari 1.200 responden di seluruh provinsi di Indonesia dengan margin of error 2,89%. Dalam periode dan variabel yang sama, elektabilitas Jokowi mencapai 52,8%.

“Perbedaan [persentase] itu cukup signifikan berarti ada yang bukan pendukung PDIP, tapi memilih Pak Jokowi. Jokowi artinya melintasi batas partai. Angkanya signifikan,” kata Maruarar dalam sebuah diskusi yang diselenggarakan Populi Center, Rabu (28/2/2018).

Tag : jokowi
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top