Warren Buffett Siap Akuisisi Besar-besaran, Lima Perusahaan Ini Patut Diperhitungkan

Perusahaan investasi milik Warren Buffett, Berkshire Hathaway, berencana melakukan akuisisi besar-besaran. Namun menurut Buffett, dalam surat tahunan terbarunya kepada para pemegang saham, perusahaan belum dapat menemukan target yang memenuhi kriterianya.
Renat Sofie Andriani | 27 Februari 2018 07:50 WIB
Orang terkaya ketiga dunia Warren Buffet - memolition.com

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan investasi milik Warren Buffett, Berkshire Hathaway, berencana melakukan akuisisi besar-besaran. Namun menurut Buffett, dalam surat tahunan terbarunya kepada para pemegang saham, perusahaan belum dapat menemukan target yang memenuhi kriterianya.

Dalam surat itu diungkapkan, Berkshire Hathaway memiliki US$116 miliar dalam bentuk cash dan surat obligasi jangka pendek pada akhir tahun lalu.

“Tujuan Berkshire adalah untuk secara substansial meningkatkan pendapatan kelompok non-asuransi. Untuk itu, kita perlu melakukan satu atau lebih banyak akuisisi besar. Kita tentu memiliki sumber daya untuk melakukannya,” kata Buffett.

Surat yang dirilis pada Sabtu (24/2) itu juga memaparkan jenis perusahaan yang Buffett cari, mencakup satu set kriteria yang tidak terlalu berbeda selama beberapa tahun terakhir.

“Kualitas utama yang kami cari adalah kekuatan kompetitif yang tahan lama, manajemen yang mampu dan bermutu tinggi, return yang baik atas nilai aset bersih yang dibutuhkan untuk mengoperasikan bisnis, peluang pertumbuhan internal pada tingkat return yang menarik, dan akhirnya, harga beli yang masuk akal,” tulis Buffett, seperti dikutip CNBC.

“Persyaratan terakhir ini membuktikan penghalang untuk hampir semua kesepakatan yang kami cermati pada 2017, karena harga untuk bisnis yang layak, namun jauh dari spektakuler, mencapai titik tertinggi sepanjang masa,” lanjutnya.

Sebenarnya ada beberapa perusahaan yang bisa memenuhi kriterianya itu. Dilansir CNBC, Selasa (27/2/2018), berikut lima perusahaan yang patut diperhitungkan:

1. Illinois Tool Works, kapitalisasi pasar: US$56,2 miliar

Dengan cash flow yang solid, perusahaan industri ini dirasa tepat berada di bawah kemudi Buffett. Bisnis-bisnis perusahaan ini, mulai dari peralatan makanan hingga produk konstruksi, cenderung memiliki pangsa pasar yang tinggi, dan pastinya memenuhi kualifikasi lainnya dari Buffett.

Akuisisi Illinois Tool Works akan serupa dengan akuisisinya terhadap Burlington Northern Santa Fe, yang oleh Buffett digambarkan sebagai 'pertaruhan'. Mengingat Illinois Tool memperoleh sebagian besar pendapatannya dari AS, perusahaan ini dapat memperoleh keuntungan dari pertumbuhan ekonomi AS yang lebih tinggi.

2. Campbell Soup, kapitalisasi pasar: US$13,4 miliar

Produsen sup kalengan ini telah lama menjadi target akuisisi, namun mungkin sekarang adalah saat yang tepat untuk membuat sebuah kesepakatan oleh Kraft-Heinz sebagai pengakuisisi. Kraft-Heinz diketahui sebagai salah satu perusahaan yang didukung Buffett dengan investasinya.

Campbell baru-baru ini mengumumkan akuisisi Snyder's-Lance, sebuah kesepakatan yang digunakan perusahaan untuk melakukan diversifikasi dari bisnis sup yang melambat menjadi makanan ringan. Akuisisi oleh Kraft-Heinz terhadap Campbell bisa memberi banyak sinergi karena menciptakan raksasa makanan yang masif.

 

3. Bagian dari General Electric, kapitalisasi pasar: US$123 miliar

Kepada CNBC, Buffett baru-baru berkomentar bahwa, dengan harga yang diperdagangkan sekitar US$14 per saham, dia bisa membeli keseluruhan perusahaan tersebut, jika dia mau.

Perusahaan industri ini memang memiliki naik turunnya, termasuk dengan masalah akuntansi dan manajemen. Tapi Buffett mengenal baik perusahaan ini dan telah berinvestasi di dalamnya sebelum masa krisis finansial. Menurut Buffett, investasi ini memang menyuplainya uang, meski tidak sebanyak investasinya di Goldman Sachs pada waktu yang sama.

Jika Buffett membeli sebagian dari GE, kandidat yang kuat bisa jadi adalah bisnis penyewaan maskapai penerbangan, mengingat optimisme Buffett mengenai industri penerbangan.

4. AmeriSourceBergen, kapitalisasi pasar: US$22 miliar

Akuisisi terhadap salah satu sistem pengiriman utama di AS untuk obat-obatan ini dapat menciptakan ekosistem yang dibutuhkan untuk usaha kesehatan baru Buffett.

Buffett menjalankan usahanya berdasarkan inisiatif dengan Amazon dan J.P. Morgan Chase dalam upaya untuk mengurangi biaya perawatan kesehatan serta memperbaiki layanan untuk karyawan-karyawan di AS.

Tujuan dari operasi ini adalah untuk menciptakan sistem perawatan kesehatan yang bebas dari insentif pembuatan laba. Tapi meski begitu, perusahaan baru ini membutuhkan infrastruktur untuk memasok obat-obatan ke dalam jaringannya.

5. Southwest Airlines, kapitalisasi pasar: US$34,8 miliar

Buffett mengatakan kepada CNBC bahwa dia tidak akan mengesampingkan kepemilikan sebuah maskapai penerbangan. Salah satu nama yang telah dispekulasikan adalah budget airline Southwest. Analis Morgan Stanley mengatakan, perusahaan penerbangan tersebut bisa menjadi target akuisisi yang logis tahun lalu, karena free cash flow, serta fokus pada manajemen dan domestik.

Tag : warren buffett
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top