Baju Baru Astronot NASA Dilengkapi Pembuangan Limbah

Para insinyur NASA sedang mengerjakan sebuah baju antariksa baru yang memiliki sistem pembuangan limbah jangka panjang atau sebuah toilet built-in.
JIBI | 22 Februari 2018 06:28 WIB
Astronot dari Amerika Serikat (AS) Peggy Whitson, memecahkan rekor astronot Amerika terlama tinggal di ruang angkasa. - Reuters

Kabar24.com, WASHINGTON - Para insinyur NASA sedang mengerjakan sebuah baju antariksa baru yang memiliki sistem pembuangan limbah jangka panjang atau sebuah toilet built-in.

Sistem seperti itu telah ditinggalkan sejak era Apollo, dan sistem pembuangan limbah baru itu kemungkinan akan memiliki banyak kesamaan dengan yang digunakan pada tahun 1970-an.

Setelan baru itu, yang disebut Orion Crew Survival Systems Suits (OCSSS), akan dipakai oleh astronot di pesawat antariksa generasi mendatang NASA, Orion, yang akan mampu membawa manusia jauh melampaui orbit Bumi yang rendah.

Orion tidak cukup besar untuk mendukung perjalanan sembilan bulan ke Mars, Orion bisa membawa manusia mengelilingi bulan dan kembali ke bulan.

Seperti pesawat ruang angkasa sebelumnya, Orion akan dilengkapi dengan toilet, namun NASA membuat rencana kontingensi jika terjadi keadaan darurat, termasuk kemungkinan bahwa kapsul Orion kehilangan tekanan dan para astronot harus tetap mengenakan setelan mereka untuk bertahan hidup.

Sebenarnya, NASA ingin agar astronot dapat bertahan dalam setelan mereka selama enam hari, yang berarti pria dan wanita dapat melakukan berbagai hal seperti makan, buang air kecil dan buang air besar tanpa melepaskannya.

"Itu adalah waktu yang sangat lama," Kirstyn Johnson, seorang insinyur NASA yang memimpin perancangan sistem internal untuk pakaian peluncuran dan pendaratan Orion, mengatakan kepada Space.com.

Johnson dan timnya dari NASA harus mencoba dan menghindari hasil yang mungkin sangat buruk, dan menjaga agar astronot tetap aman saat kembali ke bulan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
nasa

Sumber : Tempo
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top