Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini 10 Miliarder Terkaya China, Ada Jack Ma dan Bos Xiaomi

Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, tak heran rasanya jika China menjadi rumah dari banyak miliarder dunia.
Jack Ma saat bernyanyi/cnbc
Jack Ma saat bernyanyi/cnbc

Bisnis.com, JAKARTA – Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, tak heran rasanya jika China menjadi rumah dari banyak miliarder dunia.

Menurut laporan terbaru Wealth-X, China menghasilkan sekitar 10% dari total hampir 2.400 miliarder di dunia. Tapi mungkin yang lebih penting lagi, 94% dari jumlah miliarder asal China mendapat kekayaannya dari jerih payahnya sendiri.

Pertumbuhan pada sektor teknologi, ritel, dan real estat selama lima hingga 10 tahun terakhir telah mempermudah para pengusaha membangun kekayaan mereka.

Laporan yang sama mengungkapkan hanya 2% dari 249 miliarder China yang kaya karena meneruskan bisnis keluarga mereka. Sementara itu, sekitar 4% telah mencapai tonggak angka 10 digit melalui kombinasi kewirausahaan dan warisan.

Angka ini sangat kontras dengan rata-rata global. Secara keseluruhan, hanya 55% miliarder di dunia yang memperoleh kekayaannya dari hasil usahanya sendiri. Sekitar 13% miliarder di dunia mendapatkan kekayaan mereka melalui warisan, sedangkan 32% lainnya membangun kekayaan mereka melalui kombinasi warisan dan kewirausahaan.

Berbicara mengenai usia produktif, miliarder China relatif lebih muda daripada rata-rata global. Sepertiga di antara total miliarder China berusia di bawah 50 tahun. Adapun hanya 14% dari total miliarder di seluruh dunia yang berusia di bawah 50 tahun. Rata-rata miliarder di China berusia 53 tahun, sedangkan rata-rata miliarder di dunia berusia 64 tahun.

Tak hanya menjadi pengusaha besar di negara asalnya, sejumlah miliarder China juga bertanggung jawab atas beberapa perusahaan terbesar di dunia. Dilansir CNBC, Kamis (22/2/2018), berikut 10 besar miliarder terkaya di China:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
1. Huateng Ma
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper