Koramil ini Langsung Berhadapan dengan Teritorial Malaysia

Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Irham Waroihan S.Sos meresmikan Komando Rayon Militer (Koramil) 0911-08/Nunukan Selatan (Nusa) Kodim 0911/Nunukan Korem 091/ASN wilayah Kodam VI/Mulawarman.
Muhamad Yamin | 22 Februari 2018 16:53 WIB

Bisnis.com, SAMARINDA - Danrem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Brigjen TNI Irham Waroihan S.Sos meresmikan Komando Rayon Militer (Koramil) 0911-08/Nunukan Selatan (Nusa) Kodim 0911/Nunukan Korem 091/ASN wilayah Kodam VI/Mulawarman.

Acara tersebut digelar  di lapangan Apel Koramil 0911-08/Nusa Jl. Tanjung Harapan RT. 07 RW. 01 Kelurahan Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara, Kamis (22/2/2018).

Sesuai peraturan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor 74 tahun 2017 tentang Penataan Satuan dan pembentukan satuan baru jajaran TNI AD khususnya di Kodam VI/Mulawarman Korem 091/ASN, pembentukan Koramil 0911-08/Nunukan Selatan.

Dalam sambutannya Danrem mengatakan Koramil merupakan komando kewilayahan terdepan, yang bertugas melaksanakan pembinaan potensi wilayah dengan segenap aspeknya yang menjadikan wilayah sebagai ruang, alat dan kondisi juang bagi kepentingan pertahanan negara. 

“Sebagai komando kewilayahan, Koramil memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat berat. Oleh karena itu, selaku aparat kewilayahan, setiap saat harus berada di tengah-tengah masyarakat, bekerja sama memantau setiap perkembangan yang   terjadi guna mengantisipasi munculnya potensi kerawanan sosial yang berakibat pada terganggunya rasa aman masyarakat”, jelasnya.

Anggota Koramil khususnya Babinsa (Bintara Pembina Desa) yang merupakan  ujung tombak Satuan Kewilayahan, memiliki kondisi mental dan motivasi juang yang tangguh serta profesionalisme yang dapat diandalkan untuk mengantisipasi munculnya kerawanan sosial. 

Danrem berpesan bahwa ia menyadari tantangan tugas Satuan Kewilayahan sangat kompleks dan menuntut penanganan yang cermat, cerdas, responsif, akomodatif, lintas institusi, transparan dan berpayung hukum. 

"Oleh karena itu, tugas-tugas pembinaan kewilayahan berada di pundak kalian sebagaia aparat kewilayahan terdepan, yang bertanggung jawab untuk membina masyarakat, agar mereka memiliki kesadaran yang tinggi dalam upaya bela negara," kata Irham.

Tugas satuan kewilayahan harus lakukan pembinaan personel secara terus-menerus, agar memiliki tingkat kesiapan dan kemampuan yang tinggi, guna membantu tugas Kepolisian dan Pemerintah Daerah, sebagai bagian dari tugas operasi militer selain perang sebagaimana yang tercantum dalam pasal 7 UU RI No. 34 tahun 2004 tentang TNI.

”Saya berharap, Semoga dengan terbentuknya Koramil 0911-08/Nusa mampu menjawab tantangan tugas ke depannya dan semua Personel diharapkan segera beradaptasi di tempat kerja yang baru dan dapat memberikan bantuan ke Pemerintah pada saat dibutuhkan," kata Irham. 

Acara dilanjutkan pembukaan serubung papan nama Koramil 0911-08/Nusa dan peninjauan Kantor Koramil 0911-08/Nusa. Danrem 091/ASN juga memberikan bingkisan kepada prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 621/Manuntung yang diterima oleh Dansatgas Pamtas Yonif 621/Manuntung Letkol Inf Rio Neswan.

Tag : perbatasan indonesia-malaysia
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top