Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Serpihan Surga Danau Ranau Juara Lomba Menulis Pesona Lampung Barat

Keindahan Danau Ranau dan bentang alam memesona yang dikisahkan Christian Heru Cahyo Saputro dengan tajuk Serpihan Surga di Bumi Beguwai Jejama menyisihkan puluhan karya dalam Lomba Menulis Pesona Lampung Barat (Lambar).
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 15 Februari 2018  |  23:18 WIB
Serpihan Surga Danau Ranau Juara Lomba Menulis Pesona Lampung Barat
Resort di tepi Danau Ranau dari sisi Provinsi Lampung. - Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Keindahan Danau Ranau dan bentang alam memesona yang dikisahkan Christian Heru Cahyo Saputro dengan tajuk Serpihan Surga di Bumi Beguwai Jejama menyisihkan puluhan karya dalam Lomba Menulis Pesona Lampung Barat (Lambar) yang diselenggarakan Forum Literasi Lampung Barat (FLLB).

Sebagaimana siaran pers yang diterima Bisnis pada Kamis (15/2/2018), dalam puncak acara Pekan Literasi Lambar di Lamban Kopi, Mutar Alam, Kecamatan Way Tenong, Lambar, belum lama ini, dewan juri yang terdiri dari sastrawan Lampung Udo Z. Karzi, Putri Buku Indonesia 1996 Yusmalasari A. Duarsa, dan Ketua PWI Lambar Vicky Andrias menetapkan karya Christian Heru itu menjadi juara pertama dalam lomba ini.

Juara kedua, kata Udo, direbut Mahdalena dengan judul karya Koralaba Menembus Asa. Lalu, Ande Larista Simatupang dengan judul karya The Name is Hamtebiu Not ‘Hantu’biu menjadi juara ketiga.

Sedangkan juara harapan 1, 2, dan 3 secara berurut diraih oleh Renzi Saputra dengan karya Nyambai: Seni Pertunjukan Kerakyatan di Bumi Sekala Brak, Asis Budi Santoso dengan Menggagas Konsep Agrowisata Lampung Barat, dan Eni Muslihah dengan karya Senja di Kebun Raya Liwa hingga Nyeruput Kopi Luwak.

Peraih Hadiah Sastra Rancage 2017, Udo Z. Karzi, mengatakan selain pemenang, terdapat pula 20 tulisan terpilih. Tulisan pemenang dan tulisan terpilih akan dibukukan dalam buku berjudul Sepotong Surga di Kaki Pesagi, yang diterbitkan Forum Literasi Lampung Barat bekerja sama dengan Pustaka LaBrak.

Puncak Pekan Literasi Lambar diisi dengan berbagai agenda di sejumlah tempat di Way Tenong (Tambak Jaya, Padang Tambak dan Mutaralam) yang dihadiri berbagai elemen pegiat literasi, antara lain Bunda Literasi Lambar Partinia, penggiat literasi Lampung Eni Amalia, aktivis Motor Perahu Pustaka Lampung Ardi Yanto, dan Puteri Buku Indonesia 1996 Yusmalasari.

Pesagi merupakan gunung yang berada di Lambar. Berdekatan dengan gunung tersebut, terdapat Danau Ranau yang berada tepat di perbatasan Provinsi Sumatra Selatan dan Provinsi Lampung, yakni Kabupaten Lambar. Bagian utara Danau Ranau masuk wilayah Sumsel, sedangkan bagian selatannya masuk wilayah Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

danau
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top