Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meteorit Langka Catat Rekor Terjual Rp3,23 Miliar

Sebuah meteorit langka seberat 70 pon (sekitar 31 kg) berhasil mencatat rekor penjualan melalui rumah lelang Christie pada Rabu (14/2).

Kabar24.com, JAKARTA – Sebuah meteorit langka seberat 70 pon (sekitar 31 kg) berhasil mencatat rekor penjualan melalui rumah lelang Christie's pada Rabu (14/2).

Meteorit itu terjual dengan harga US$237.500 atau sekitar Rp3,23 miliar (Rp13.600 per dolar AS).

Meteorit itu disebut sebagai meteorit besi Canyon Diablo karena mengandung unsur besi dan berasal dari Barringer Crater (juga dikenal sebagai Meteor Crater) di Arizona, sebuah situs terkenal di mana sebuah meteor jatuh di padang pasir hampir 50.000 tahun yang lalu.

Angka tersebut adalah harga tertinggi untuk sebuah meteorit yang dijual melalui pelelangan Christie's secara online, dan harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk sebuah meteorit Canyon Diablo, menurut Darryl Pitt, seorang kurator di Macovich Collection of Meteorites.

Sebelumnya, meterorit itu diperkirakan akan dapat terjual di kisaran harga US$150.000-US$250.000, seperti diungkapkan pihak Christie's pada hari Rabu.

Meteorit itu dinilai langka karena beberapa alasan. Hanya sekitar 2% dari semua meteorit yang sebagian besar mengandung besi. Selain itu, sangat sedikit dari seluruh meteorit yang dianggap cukup estetis untuk dianggap sebagai pahatan alami.

“Anggap saja itu sebagai meteorit Amerika klasik. Yang ini benar-benar tidak biasa. Banyak meteorit memiliki permukaan tidak rata, tapi yang satu ini memiliki permukaan melengkung lembut yang bernilai seni seperti halnya pahatan garapan Henry Moore,” jelas Pitt kepada CNBC.

Dilanjutkan oleh Pitt, pasar meteorit masih muda namun berkembang dengan cepat. Misalnya, 82% dari 44 lot pada lelang telah terjual dan lebih dari selusin terjual lebih dari perkiraan.

“Sepuluh tahun lalu, meteorit besi Canyon Diablo yang sama akan terjual seharga sepersepuluh dari harga yang berhasil diraih pada hari Rabu. Beberapa tahun dari sekarang, harganya akan bernilai dua kali lipat," kata Pitt.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper