Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Manado Banjir, Ratusan Warga Mengungsi

Luapan air di Sungai Tondano yang naik sampai 0,5 meter akibat hujan menyebabkan ratusan orang harus mengungsi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Februari 2018  |  07:10 WIB
Ilustrasi: Petugas membantu evakuasi warga yang terdampak banjir di kawasan Kampung Pulo, Jakarta, Selasa (6/2). Kawasan tersebut terendam banjir akibat luapan air dari Sungai Ciliwung. ANTARA FOTO - Galih Pradipta
Ilustrasi: Petugas membantu evakuasi warga yang terdampak banjir di kawasan Kampung Pulo, Jakarta, Selasa (6/2). Kawasan tersebut terendam banjir akibat luapan air dari Sungai Ciliwung. ANTARA FOTO - Galih Pradipta

Kabar24.com, MANADI -Luapan air di Sungai Tondano yang naik sampai 0,5 meter akibat hujan menyebabkan ratusan orang harus mengungsi.

Ratusan warga Manado itu berasal dari empat kecamatan yang sejak Kamis dini hari harus mengungsi dan meninggalkan rumahnya.

"Warga yang terdampak banjir sudah mengungsi sejak tengah malam, meskipun ada juga yang masih memilih bertahan di rumah," Kata Kepala BPBD Manado, Max Tatahede didampingi petugas lapangan, Lee Bawole, di lokasi banjir, di Singkil, Manado, Kamis (8/2/2018).

Dia mengatakan, sampai pukul 02.30 Wita, wilayah yang sudah terkena banjir dan sebagian warganya mengungsi adalah Kelurahan Ternatetanjung, Paal Dua, Komo Luar, Dendengan Luar, Dendengan Dalam, Banjer dan Kairagi Weru di wilayah kecamatan Singkil, Paal Dua, Tikala dan Wenang.

"Di wilayah tersebut sebagian penduduknya sudah mengungsi, dan BPBD bersama Basarnas, Tagana, RAPI, Dinas Sosial, Polri dan TNI AD, sudah turun memberikan bantuan," katanya.

Bahkan, menurut Bawole, sampai pukul 02.30 Wita, petugas dari Basarnas masih menyisir rumah penduduk di tengah banjir dengan ketinggian setengah meter untuk memastikan keadaan penduduk yang bertahan baik-baik saja.

Dia mengatakan, menjelang pagi, air mulai berangsur surut namun sebagian warga masih bertahan di pengungsian terutama anak-anak dan orang tua, sedangkan yang masih muda kembali membersihkan rumah.

Sampai pagi kata Bawole, pihaknya terus berkoordinasi untuk memastikan keadaan sudah membaik, sambil mendata berapa jumlah jiwa yang terdampak dan membawakan bantuan makanan siap saji bagi yang berada di lokasi mengungsi.

Salah satu warga Ternate Tanjung yang mengungsi bernama Muna Kanine, mengatakan sejak malam sudah siaga, dan memindahkan barang yang diperlukan.

"Kami mengungsi ke mushallah, di dekat sini jadi begitu pagi dan air surut pulang untuk membersihkan rumah dari sisa banjir," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

banjir manado

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top