Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perempuan India Ini Tuding Suaminya Mencuri Ginjalnya Untuk Mahar

Seorang perempuan India menuding suami dan saudara iparnya mencuri salah satu ginjalnya untuk digunakan membayar mahar pernikahan.
Ginjal/wikybrew.com
Ginjal/wikybrew.com

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang perempuan India menuding suami dan saudara iparnya mencuri salah satu ginjalnya untuk digunakan membayar mahar pernikahan.

BBC.com melansir Kamis (8/2/2018), perempuan itu menyatakan suaminya menjadwalkan operasi usus setelah dia mengalami usus buntu sekitar dua tahun lalu. Namun, pada akhir 2017, dua pemeriksaan medis yang berbeda menunjukkan bahwa ginjal perempuan itu hanya satu.

Perempuan bernama Rita Sarkar ini menduga suaminya yang mengambil ginjalnya karena sang suami berkali-kali meminta mahar dibayarkan. Pembayaran mahar di India dilakukan oleh keluarga pengantin perempuan ke keluarga pengantin laki-laki. Namun, praktir mahar seperti ini sudah dilarang di negara itu sejak 1961.

Dia menambahkan permintaan pembayaran mahar membuatnya menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dari sang suami.

"Suami saya membawa saya ke sebuah klinik perawatan di Kolkata, di mana dia dan staf medis di sana mengatakan kalau saya akan baik-baik saja setelah usus buntu saya diangkat," terangnya.

Sang suami memperingatkannya untuk tidak memberitahu operasi itu kepada siapapun. Namun, beberapa bulan kemudian dia merasa tidak enak badan dan anggota keluarganya membawa Rita ke dokter.

"Saya lalu paham kenapa suami saya menyuruh saya diam mengenai operasi itu," ungkapnya.

The Telegraph India memberitakan pihak kepolisian telah mendapat laporan tentang kasus itu. Inspektur Polisi Udayshankar Ghosh menyatakan kasus tersebut masuk dalam pelanggaran UU Transplantasi Organ dan Jaringan Manusia.

Kepolisian juga sudah menahan tiga orang yang diduga terlibat atas tuduhan percobaan pembunuhan dan penyiksaan terhadap pengantin perempuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : BBC.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper