Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perempuan India Ini Tuding Suaminya Mencuri Ginjalnya Untuk Mahar

Seorang perempuan India menuding suami dan saudara iparnya mencuri salah satu ginjalnya untuk digunakan membayar mahar pernikahan.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 08 Februari 2018  |  13:47 WIB
Ginjal - wikybrew.com
Ginjal - wikybrew.com

Bisnis.com, JAKARTA - Seorang perempuan India menuding suami dan saudara iparnya mencuri salah satu ginjalnya untuk digunakan membayar mahar pernikahan.

BBC.com melansir Kamis (8/2/2018), perempuan itu menyatakan suaminya menjadwalkan operasi usus setelah dia mengalami usus buntu sekitar dua tahun lalu. Namun, pada akhir 2017, dua pemeriksaan medis yang berbeda menunjukkan bahwa ginjal perempuan itu hanya satu.

Perempuan bernama Rita Sarkar ini menduga suaminya yang mengambil ginjalnya karena sang suami berkali-kali meminta mahar dibayarkan. Pembayaran mahar di India dilakukan oleh keluarga pengantin perempuan ke keluarga pengantin laki-laki. Namun, praktir mahar seperti ini sudah dilarang di negara itu sejak 1961.

Dia menambahkan permintaan pembayaran mahar membuatnya menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dari sang suami.

"Suami saya membawa saya ke sebuah klinik perawatan di Kolkata, di mana dia dan staf medis di sana mengatakan kalau saya akan baik-baik saja setelah usus buntu saya diangkat," terangnya.

Sang suami memperingatkannya untuk tidak memberitahu operasi itu kepada siapapun. Namun, beberapa bulan kemudian dia merasa tidak enak badan dan anggota keluarganya membawa Rita ke dokter.

"Saya lalu paham kenapa suami saya menyuruh saya diam mengenai operasi itu," ungkapnya.

The Telegraph India memberitakan pihak kepolisian telah mendapat laporan tentang kasus itu. Inspektur Polisi Udayshankar Ghosh menyatakan kasus tersebut masuk dalam pelanggaran UU Transplantasi Organ dan Jaringan Manusia.

Kepolisian juga sudah menahan tiga orang yang diduga terlibat atas tuduhan percobaan pembunuhan dan penyiksaan terhadap pengantin perempuan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Transplantasi Organ

Sumber : BBC.com

Editor : Annisa Margrit

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top