Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemerintah China Tegur Delta Air dan Induk Usaha Zara, Ini Penyebabnya

Pemerintah China menegur raksasa maskapai asal AS Delta Air dan induk usaha Zara yakni Inditex SA, karena tidak mengakui kebijakan Satu China yang mengakui Taiwan dan Tibet sebagai wilayahnya.
Yustinus Andri DP
Yustinus Andri DP - Bisnis.com 14 Januari 2018  |  12:25 WIB
ilustrasi - Reuters
ilustrasi - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA — Pemerintah China menegur raksasa maskapai asal AS Delta Air dan induk usaha Zara yakni Inditex SA, karena tidak mengakui kebijakan ‘Satu China’ yang mengakui Taiwan dan Tibet sebagai wilayahnya.

Negeri Panda menilai, kedua korporasi tersebut tidak menghormati posisi China dalam perselisihan teritorial yang berlangsung lama dengan Taiwan dan Tibet. Pasalnya, kedua perusahaan itu tidak mencantumkan Taiwan dan Tibet sebagai bagian dari negara China.

Kantor Administrasi Siber China di Shanghai mengatakan bahwa Zara mendaftarkan Taiwan, sebagai negara terpisah di situsnya. Pada hari yang sama, Kantor Administrasi Penerbangan Sipil China memanggil eksekutif Delta, lantaran situs resminya juga menuliskan Taiwan dan Tibet sebagai negara independen.

Ether Yin, partner di perusahaan riset Trivium China mengatakan, Beijing bakal menggunakan kewenangannya untuk mencopot izin usaha perusahaan asing di negaranya, apabila tidak mematuhi pandangan politik atau kebijakan China. Hal itu, menurutnya akan berdampak besar bagi perusahaan terkait, mengingat besarnya potensi pasar Negeri Panda.

“Kondisi politik di China saat ini adalah, jika Anda tidak berdiri di sisi yang tepat dalam hal kedaulatan China di era Presiden Xi Jinping, maka bisnis Anda akan terganggu. Pemerintah akan merespon dengan cepat hal-hal yang dinilainya tak sesuai,” kata Yin, seperti dikutip dari Bloomberg, Minggu (14/1).

Menanggapi persoalan yang dialami oleh Inditex dan Delta Air tersebut, Menteri Luar Negeri China Lu Kang pun mengeluarkan rilis yang meminta perusahaan asing untuk menghormati kedaulatan dan integritas teritorial negaranya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

zara ekonomi china delta air lines
Editor : Gita Arwana Cakti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top