Pantai Kuta Bakal Tetap Jadi Magnet Pesta Tahun Baru

Pantai Kuta dan Lapangan Puputan Badung Denpasar bakal menjadi tempat paling banyak dikunjungi warga dan wisatawan yang merayakan Tahun Baru 2018 di Bali.
Ema Sukarelawanto | 29 Desember 2017 17:59 WIB
Warga menulis dengan pijaran lampu ketika merayakan malam pergantian Tahun Baru 2015 di Pantai Kuta, Bali, Kamis (1/1) dinihari. Kawasan Pantai Kuta dipadati oleh ribuan masyarakat yang menyaksikan pesta kembang api dalam rangka menyambut datangnya tahun baru 2015. - Antara/Fikri Yusuf

Bisnis.com, DENPASAR - Pantai Kuta dan Lapangan Puputan Badung Denpasar bakal menjadi tempat paling banyak dikunjungi warga dan wisatawan yang merayakan Tahun Baru 2018 di Bali.

General Manager Discovery Shopping Mall Kuta Wayan Puspanegara mengungkapkan telah menjadi tradisi dari tahun ke tahun pesta kembang api di Pantai Kuta sepanjang lebih dari 1.500 meter menyajikan kegembiraan dan pemandangan yang indah. “Meskipun kunjungan wisatawan asing baru pulih sekitar 70% ,saya yakin Pantai Kuta tetap menjadi magnet bagi warga maupun wisatawan,” katanya, Jumat (29/12/2017).

Menurut Puspanegara, setiap hotel, restoran, dan usaha jasa pariwisata sepanjang pantai menawarkan sajian khusus seperti gala dinner, live music, dan aneka hiburan yang digelar menjelang hitung mundur pergantian tahun.

Pusat perbelanjaan Discovery Shoping Mall Kuta menggelar karnaval dan pagelaran tari nusantara sejak sore hingga malam hari. Puncaknya, pesta kembang api yang diikuti dengan berbagai musik dan hiburan untuk menampilkan keriuhan pergantian tahun.

Akses jalan menuju Pantai Kuta rencananya ditutup mulai pukul 15.00 WITA pada Minggu (31/12/2017). Petugas akan melakukan sterilisasi Jalan Pantai Kuta, Jalan Legian dan Jalan Melasti bebas dari aktivitas kendaraan bermotor.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Badung AA Ngurah Rai Yuda Darma mengatakan selain Sentral Parkir Kuta, kantong parkir kendaraan bermotor juga disediakan di Lapangan Tri Sakti Jalan Patih Jelantik, Parkir Pasar Seni Jalan Melasti dan lokasi area hotel, restoran maupun mal. Dia menyatakan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan dan pejabat terkait akan memantau pesta pergantian Tahun baru di depan BeachWalk Shopping Mall Kuta.

Sementara itu, titik keramaian lainnya adalah di Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung di pusat Kota Denpasar. Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar yang tengah menggelar Denpasar Festival akan mengadakan acara Melepas Matahari 2017 menjelang senja dengan pawai anak-anak dan sendratari di seputar patung Catur Muka.

Kasubbag Pengumpulan Informasi dan Publikasi Humas dan Protokol Pemkot Denpasar I Wayan Hendaryana mengatakan tidak ada pesta kembang api karena sebelumnya telah dilakukan penertiban dan pelarangan penjualan kembang api maupun petasan untuk menjaga ketertiban dan keamanan.

Pada Minggu (31/12/2017) malam, Lapangan Puputan akan disterilkan dari pedagang agar warga kota bisa leluasa melakukan aktivitas menyongsong pergantian tahun hingga tengah malam. “Warga bisa bebas berekspresi menyambut Tahun Baru 2018 di sini,” ujarnya.

Direktur Strategi Korporasi dan Keuangan ITDC Jatmiko K. Santosa mengungkapkan  Nusa Dua Light Festival, yang diselenggarakan di kawasan The Nusa Dua, akan menjadi salah satu pusat keramaian malam Tahun Baru.

Tingkat okupansi hotel di kawasan itu pada Natal 2017 tercatat 61%, kemudian meningkat menjadi 73% pada keesokan harinya. “Pada hari ini, okupansi di Nusa Dua telah mencapai 90%, mudah-mudahan kondisi pariwisata akan terus meningkat,” imbuhnya.

Tag : tahun baru
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top