NATAL & TAHUN BARU: Satgas Pangan Kawal Distribusi Komoditas Pangan Strategis

Sikap tegas Satgas Pangan disampaikan melalui video conference bersama para Kapolda dalam mengantisipasi kenaikan harga pangan menjelang akhir tahun.
David Eka Issetiabudi | 11 Desember 2017 15:48 WIB
Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian (tengah), Menteri Pertanian Amran Sulaiman (kedua kanan), Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo (kedua kiri), Dirut Bulog Djarot Kusumayakti (kiri) dan Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) M. Syarkawi Rauf (kanan) saling bertumpu tangan seusai rakor melalui "video conference" dengan jajaran polda seluruh Indonesia di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (3/5/2017). - Antara/Widodo S Jusuf.

Bisnis.com, JAKARTA — Satgas Pangan siap menindak tegas pelaku usaha yang hendak berlaku curang dengan menaikkan harga komoditas pangan strategis menjelang Natal dan tahun baru 2018.

Sikap tegas Satgas Pangan disampaikan melalui video conference bersama para Kapolda dalam mengantisipasi kenaikan harga pangan menjelang akhir tahun.

Rapat koordinasi yang dipimpin oleh Kapolri, turut dihadiri oleh Menteri Pertanian, Menteri Perindustrian, Dirjen  Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Badan Pengawas Obat dan Makanan dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Kapolri Tito Karnavian meminta seluruh Polda segera melakukan koordinasi dengan para stakeholder di daerah. Selain itu, Satgas Pangan diharapkan mampu melakukan pendekatan kepada para pelaku usaha terkait penanganan dugaan pelanggaran.

“Koordinasi kali ini merupakan langkah antisipasi dan merupakan langkah lanjutan dari kinerja Satgas Pangan yang sebelumnya dilakukan pada Ramadan, untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan pangan strategis,” tuturnya dalam keterangan resmi, Senin (11/12/2017).

Dalam rapat koordinasi tersbeut diketahui stok bahan pangan masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan jelang Natal dan tahun baru 2018, baik kedelai, daging sapi dan gula pasir.

Kendati demikian, untuk memastikan kestabilan harga di pasar, Satgas Pangan tetap ikut memantau pelaksanaan operasi pasar sehingga pasokan dan harga komoditas pokok tetap stabil.

Sebagai bagian dari Satgas Pangan, KPPU juga ambil bagian dalam upaya mengawasi harga komoditas pangan strategis.

Pola Distribusi

Langkah-langkah yang telah dilakukan Komisi, a.l. memetakan pola produksi dan distribusi komoditas pangan strategis, memetakan potensi terjadi pelanggaran dalam rantai distribusi, serta memetakan pelaku usaha utama di setiap komoditas pangan strategis.

Ketua KPPU Syarkawi Rauf menyatakan pihaknya telah mengantisipasi dengan pemantauan dan pemetaan jalur distribusi serta produksi bahan pangan, termasuk pemetaan pelaku usaha nya dan pola-pola perilakunya.

Menurutnya, koordinasi antarlembaga untuk bersinergi menjaga stabilitas harga dan pasokan bahan pangan jelang Natal dan tahun baru ini telah dilakukan sejak 1 bulan lalu.

“Hari ini Satgas Pangan dengan Kapolda beserta jajarannya memastikan bahwa harga dan pasokan pangan di daerah-daerah tetap stabil dan mencukupi,” katanya.

KPPU berharap menjelang Natal dan tahun baru, harga tetap stabil seperti pada Ramadan dan Idulfitri lalu.

“Para pedagang dan pelaku usaha di bidang pangan ini bisa terlibat secara aktif bekerja sama untuk menjaga kestabilan harga dan pasokan pangan strategis Untuk kepentingan bersama,” tambahnya.

Tag : kppu, Satgas Pangan
Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top