Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Kerahkan 13 Pesawat Angkut Warganya dari Bali

Badan Penerbangan Sipil China (CAAC) mengerahkan 13 pesawat domestik untuk membantu pemulangan para wisatawan asal negara itu setelah Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, dibuka kembali.
China Airlines/wikipedia
China Airlines/wikipedia

Kabar24.com, JAKARTA - Badan Penerbangan Sipil China (CAAC) mengerahkan 13 pesawat domestik untuk membantu pemulangan para wisatawan asal negara itu setelah Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Bali, dibuka kembali.

Pada Rabu (29/11/017) malam, China Southern Airlines mengirimkan dua pesawat dari Guangzhou dan Shenzhen, sedangkan China Eastern Airlines mengirimkan empat pesawat dari Beijing dan Shanghai. Sementara pada Kamis (30/11/2017) malam maskapai penerbangan lainnya mengirimkan tujuh armadanya ke Pulau Dewata.

Sebanyak enam unit pesawat dari maskapai penerbangan milik pemerintah China tersebut telah memulangkan 2.700 wisatawan dari Bali.

Selain itu, tujuh armada dari maskapai swasta telah membawa pulang lebih dari 1.000 wisatawan China dari Bali, demikian pernyataan CAAC yang dikutip Kantor Berita Xinhua, Jumat.

Pengerahan pesawat-pesawat China itu turut membantu 29 pesawat asing yang diperkirakan akan membawa pulang 5.596 wisatawan mancanegara.

Bandara Ngurah Rai di kawasan Kuta ditutup pada Senin (27/11/2017) setelah Gunung Agung di Kabupaten Karangasem memuntahkan abu vulkanik hingga ketinggian kolom 3.000 meter lebih.

Bandara terpadat kedua di Indonesia itu, telah dibuka kembali pada Rabu (29/11/2017) sore seiring dengan menurunnya aktivitas vulkanik di gunung berketinggian 3.142 meter dari permukaan laut tersebut.

Kedatangan para wisatawan asal China di Bandara Shenzhen disambut haru para anggota keluarganya. Bahkan mereka berfoto bersama dengan membentangkan bendera China begitu turun dari tangga pesawat China Southern yang membawanya pulang dari Bali, Kamis (30/11/2017) malam.

China merupakan penyumbang terbesar wisatawan asing ke Indonesia. Pada tahun lalu wisatawan asal China yang berkunjung ke Indonesia mencapai angka 1,5 juta orang.

Pada tahun ini, Kementerian Pariwisata RI menargetkan 2,5 juta kunjungan wisatawan dari daratan Tiongkok tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper