Di Korsel, Trump Disuguhi Daging Sapi dengan Kecap Berusia 3,5 Abad

Presiden Amerika Donald Trump yang terkenal pemilih dalam hal makanan disuguhi daging sapi Korea panggang dengan kecap berusia 360 tahun saat makan malam kenegaraan di Korea Selatan.
Juli Etha Ramaida Manalu | 09 November 2017 12:36 WIB
Presiden Amerka Serikat Donald Trump. - Reuters

Kabar24.com, SEOUL - Presiden Amerika Donald Trump yang terkenal pemilih dalam hal makanan disuguhi daging sapi Korea panggang dengan kecap berusia 360 tahun saat makan malam kenegaraan di Korea Selatan.

Belum diketahui apakah Trump memakan kecap tersebut yang merupakan makanan lezat di negara dengan ekonomi terbesar keempat di Asia tersebut. Adapun menu lengkap yang disuguhkan termasuk:

-Bubur jagung yang disajikan dengan ramuan segar dan hidangan sayur lainnya.

-Ikan lidah pangganh dari pulau Geoje dengan Donggukjang

-Nasi dengan jamur yang disajikan dalam mangkuk terbuat dari batu dengan iga sapi Korea bakar beserta kecap berusia 360 tahun.

-Kue cokelat dengan saus raspberi dan vanila serta kayu manis dan kesemek

Trump sendiri membangun citra internasional sebagai pecinta makanan Amerika, termasuk steak matang dengan tingkat kematangan ‘well done’ dan taburan kecap.

Trump dikabarkan tidak menyukai ikan mentah dan dalam kampanyenya kerap menyatap makanan cepat saji, juga salad Caesar dan spaghetti. Pada kampanyenya tahun 2016, Trump mengkritik ide makan malam kenegaraan yang menurutnya tidak berarti apa-apa, dan malah hanya menghambur-hamburkan uang.

"Dalam konferensi, kita harusnya makan hamburger saja," katanya suatu kali seperti dikutip dari CNBC, Kamis (9/11/2017).

Saat tiba di Jepang, negara pertama yang dia kunjungi dalam rangkaian turnya, Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe makan siang berupa hamburger, sementara untuk makan malam mereka menyantap kerang, lobster dan sapi Wagyu di Hokkaido.

Belum diketahui makanan apa ya g akan dia santap di China, negara berikutnya yang akan dia kunjungi. Pada Senin (6/11/2017) Juru Bicara Perdana Menteri China Hua Chunying mengatakan dirinya tidak bisa membeberkan detail menu yang akan disajikan dalam kunjungan Trump nanti.

Tekanan politik tampak dalam salah satu sajian yang dihidangkan dalam makan malam Trump di Korea pada Selasa (7/11/2017).

Udang yang ditangkap dari gugusan pulau yang terletak di Laut Jepang. Gugusan pulau ini diklaim oleh Jepang dan Korea Selatan sebagai milik mereka ada dalam daftar hidangan yang disajikan pada Selasa (7/11/2017).

Hal ini memicu kekhawatiran negara dengan ekonomi ketiga terbesar di dunia itu. Ketua Kabinet Sekretaris Yoshihide Suga pun menyuarakan rasa frustasinya terkait hal ini.

Kehadiran Lee Yong Soo dalam makan malam tersebut juga menjadi hal lain yang disoroti pihak Jepang. Pasalnya, Lee yang kini berusia 88 tahun merupakan eks 'comfort woman' istilah yang dipakai bagi wanita yang dipaksa terjun ke dunia prostitusi saat invasi Jepang ke Korea pada Perang Dunia II.

Tag : Donald Trump
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top